Khasiat Ketepeng Kecil Untuk Kesehatan Tubuh

Image result for manfaat ketepeng kecil

Anda pernah dengar tanaman ketepeng kecil ? Atau sudah pernah lihat bentuknya bagaimana ? Tanaman ketepeng kecil adalah tanaman perdu kecil yang tumbuh tegak dengan tinggi sekitar 1 m. Tumbuh liar di pinggir kota, daerah tepi sungai, semak belukar dan kadang ditanam sebagai tanaman hias.

Tanaman ketepeng kecil memiliki nama ilmiah Cassia tora L. Tanaman ini memiliki batang yang lurus, pangkalnya berkayu, banyak bercabang, dan daerah ujung batang berambut jarang. Letak daunnya berseling, berupa daun majemuk menyirip ganda, terdiri dari 3 pasang anak daun yang bentuknya bulat telur sungsang dengan panjang 2-3 cm dan lebar 1,5-3 cm, ujungnya agak membulat dan pangkal daun melancip, berwarna hijau, dan permukaan bawah daun berambut halus.

Bunganya banyak berwarna kuning tersusun dalam rangkaian tandan yang tumbuh pada ketiak daun. Buahnya buah polong berkulit keras, berisi 20-30 biji, dan bentuknya lengkung berwarna coklat kuning mengkilat. Tanaman perdu ini berasal dari Amerika tropik dan menyukai tempat terbuka atau agak teduh, dapat tumbuh di dataran rendah sampai 800 m dpl.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Ketepeng kecil memiliki rasa manis, pahit, asin, dan bersifat agak dingin. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam biji segar ketepeng kecil, di antaranya chryzophanol, emodin, aloe-emodinrhein, physcion, obtusin, toralactone, auranto-obtusin, rubrobusarin, torachryson, dan vitamin A. bahan kimia akan masuk ke meridian lever (membersihkan) dan meridian ginjal (menguatkan). Sementara itu, efek farmakologis yang dimiliki oleh ketepeng kecil, di antaranya untuk pengobatan radang mata, peluruh air seni, dan pelancar buang air besar.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Biji ketepeng kecil yang sudah dikeringkan dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  • Mengobati Cacingan pada Anak.

    Lumatkan 9gr bubuk biji ketepeng kecil dan 1 pasang hati ayam, tambahkan sedikit arak putih. Aduk campuran tersebut dan bentuk menjadi lempengan, lalu kukus. Minum ramuan satu kali sehari.

  • Mengobati Hepatitis, Perut Busung Air (ascites), dan Sirosis.

    Rebus 5-15gr biji ketepeng kecil, lalu minum 2 kali sehari.

  • Mengobati Radang Mata Merah, Luka Kornea, Rabun Senja, dan Glukoma.

    Campur bubuk atau serbuk ketepeng kecil dengan teh secukupnya, lalu tempelkan pada kedua pelipis (pada kedua titik akupuntur Tay yang atau istimewa).

  • Mengatasi Sulit Buang Air Besar (habitual constipation).

    Rebus 5-15gr biji ketepeng kecil, lalu minum 2 kali sehari.

  • Mengobati Tekanan Darah Tinggi.

    Sangrai (goreng tanpa Minyak) 15gr biji ketepeng kecil sampai kuning, lalu giling hingga terasa kesat. Rebus atau seduh dengan air panas dan tambahkan gula secukupnya. Minum hasil rebusan atau seduhan sebagai pengganti teh 2 kali sehari.

Itulah yang saya sampaikan tentang khasiat ketepeng kecil bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai macam penyakit yang sering menggangu kesehatan kita maka dari itu kita harus selalu menjaga kesehatan dengan minum obat tradisional alami.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo