Manfaat Tumbuhan Ketepeng Cina Untuk Kesehatan

Ketepeng CIna sudah banyak dipakai oleh nenek moyang kita dan telah menjadi sebuah resep kuno untuk mengatasi beragam penyakit kulit dan beberapa penyakitlainnya. Ketepeng cina adalah salah satu jenis tanaman yang aslnya dari daratan Amerika tropik. Tanaman ini memiliki nama latin Cassia alata, ketepeng cina banyak tumbuh di beberapa kawasan di Indonesia dan punya banyak sekali manfaat. Bahkan mungkin bisa dikata tanaman ini cukup mudah kita temukan di berbagai daerah di Indonesia.

Ketepeng cina juga merupkan jenis perdu yang besar dan banyak tumbuh liar di tempat-tempat lembab. Kini tumbuhan ini dipelihara sebagai perindang halaman rumah. Ketepeng cina atau sering disebut sebagai ketepeng kebo (Jawa), seven golden candlestik (Inggris), ketepeng badak (Sunda), acon-aconan (Madura), sajamera (Halmahera), kupang-kupang (Ternate), tabankun (Tidore), daun kupang, daun kurap, gelenggang, uru’kup (Sumatra).

Bunga Ketepeng Cina mempunyai mahkota yang pada bagian bawahnya berwarna kuning dan ujung kuncup pada tandan berwarna cokelat muda. Buahnya berupa buah polong yang bersayap dan pipih berwarna hitam. Batangnya lurus, pangkal batang berkayu, banyak bercabang, daerah ujung batang berambut jarang. Daun letak berseling, berupa daun majemuk menyirip ganda terdiri dari tiga pasang anak daun yang bentuknya bulat telur sungsang, panjang 2-3 cm, lebar 1 1/2-3 cm ujung agak membulat dan pangkal daun melancip, warna hiaju, permukaan bawah daun berambut halus.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Ketepeng cina memiliki rasa pedas dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam tanaman, ini di antaranya tanin, rein aloe-emodina, rein aloe-emodina-diantron, rein aloe-emodina, dan asam krisifanat. Efek farmakologis yang dimiliki oleh ketepeng cina, di antaranya sebagai pencahar, obat cacing, penghilang gatal-gatal, dan obat kelainan kulit yang disebabkan oleh parasit kulit.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun ketepeng cina dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut:

  • Mengobati Cacing Kremi pada Anak.

    Rebus 7 lembar daun ketepeng cina, asam secukupnya (untuk menghilangkan bau), dan 2 sendok teh bubuk akar kelembak (Rheum officinale Baill) dalam 2 gelas air sampai airnya tersisa 1 gelas. Saring hasil rebusan, lalu minum saat masih hangat.

  • Mengatasi Panu, Kurap, dan Eksim.

    Lumatkan 1 genggam daun ketepeng cina segar, lalu tambahkan sedikit tawas (atau 1 sendok makan kapur sirih). Gosokkan campuran ini dengan kuat pada kulit yang sakit 2 kali sehari.

  • Mengobati Sariawan.

    Cuci bersih 4 lembar daun ketepeng cina, lalu kunyah dengan garam secukupnya (seperti mengunyah sirih) selama beberapa menit. Air daun ketepeng cina ditelan, sedangkan ampasnya dibuang.

  • Mengatasi Sembelit.

    Rebus 7 lembar daun ketepeng cina muda segar dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum hasil rebusan sekaligus.

Itulah beberapa manfaat ketepeng cina yang berguna untuk kesehatan. Setelah membaca artikel di atas, kita bisa menggunakan tumbuhan ini sebagai obat alami tradisional. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. 

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo