Khasiat dan Manfaat Tanaman Ki Koneng

Image result for manfaat ki koneng
Nama
  1. Nama ilmiah: Arcangelisia flava (L.) Merr.
  2. Nama daerah : reuy ki koneng (Sunda); oyod sirawanan, sirawan kunyit (Jawa); wali bulan (Ambon); kayu kuning (Palembang); oyod koneng (Madura); mololeya gumini (Halmahera Utara).
  3. Nama asing : -

Perbanyakan tanaman ki koneng dapat dilakukan dengan biji atau setek batang. Ki koneng dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembaban tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Ki koneng memiliki rasa pahit. Beberapa abahn kimia yang terkandung dalam daun ki koneng, di antaranya getah perca dan damar. Daun, batang, tangkai, dan akar ki koneng mengandung bahan kimia anatara lain barberin dan alkaloid lainnya. Daging buahnya mengandung zat lendir. Sementara itu, bijinya mengandung saponin yang merupakan racun keras untuk ikan. Efek farmakologis yang dimiliki ki koneng di antaranya anti-inflasi, mengobati luka, dan antidemam.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Tangkai atau batang segar ki koneng dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  • Mengobati Demam.

    Rebus 10gr tangkai muda ki koneng yang masih segar dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  • Mengatasi Gangguan Pencernaan dan Cacingan.

    Rebus 1 jari batang ki koneng segar, 1 jeruk nipis yang sudah dibelah, dan 5 lembar daun sirih dalam 3 gelas air selama 20 menit. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu bagi 2 bagian dan minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

  • Mengobati Sakit Kuning.

    Rebus 1 jari batang ki koneng segar, 1 jeruk nipis yang sudah dibelah, dan 5 lembar daun sirih dalam 3 gelas air selama 20 menit. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu bagi menjadi 2 untuk diminum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

  • Mengobati Sariawan.

    Rebus 10gr tangkai muda ki koneng segar dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, llau minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Demikian saya jelaskan tentang khasiat dan manfaat ki koneng bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit seperti di atas yang lengkap dengan cara penggunaannya dan ingatlah semua penyakit pasti ada obatnya tetapi kita harus selalu jaga kesehatan kita ya sahabat.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo