Manfaat Tanaman Ki Saat Untuk Kesehatan

Related image

Manfaat ki saat sebagai obat herbal sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena ki saat ini bisa digunakan untuk mengatasi kegelisahan dan juga keputihan. Banyak cara yang bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan kita.

Tanaman ki saat ini adalah tanaman perdu yang tumbuh di hutan. Ki saat ini termasuk dalam tanaman liar yang memiliki banyak manfaat. Nama ilmiah dari ki saat ini adalah Valeriana Officinalis L. tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kita.

Salah satu ciri khas dari tanaman ki saat ini adalah baunya yang harum. Sehingga manfaatnya juga sering untuk dijadikan aroma terapi yang menenangkan. Dan bagian tanaman yang digunakan untuk obat adalah terletak pada daun dan akarnya. Untuk mendapatkan manfaat ki saat, kita bisa menggunakan daunnya. Karena kandungan beberapa senyawa kimia didalamnya.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Ki saat memiliki rasa agak pedas, agak pahit, dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam ki saat, di antaranya minyak asiri yang berisi ester borneol (campuran asam valerianat, butirat, asetat, dan formiat), terpen, dipenten, terpineol, bonilalkohol, alkaloida-alkaloida katinina dan valerianina, zat penyamak, lemak, serta abu. Efek farmakologis yang dimiliki oleh akar ki saat adalah sebagai penenang.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Akar dan daun ki saat dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  • Mengatasi Gelisah.

    Tumbuk sedikit akar ki saat, lalu tambahkan air minum secukupnya. Saring air, lalu minum sekaligus satu kali sehari.

  • Mengatasi Keputihan.

    Rebus setengah genggam daun ki saat dalam 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari.

Demikian sekilas mengenai tumbuhan Ki saat dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pengobatan tradisional. Dan semoga dapat menambah wawasan tentang tanaman herba disekitar kita.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo