Khasiat Besar Dibalik Tanaman Ki Tolod

Image result for manfaat kitolod

Tanaman ini mempunyai nama ilmiah Isotoma longiflora atau Laurentia longiflorayang. Kitolod merupakan tanaman semak yang memiliki tangkai bunga yang panjang, sesuai dengan nama latinnya (longiflora). Mahkotanya berbentuk bintang dan berwarna putih bersih.lupkan dalam segelas air bersih dan digunakan untuk menetesi mata. Mata akan terasa sangat pedih, tetesi terus sampai rasa pedihnya berkurang dan hilang.

Kita dapat menggunakan bunga segar kitolod untuk pengobatan mata mulai dari rabun, katarak bahkan mata minus dan plus. Hanya dengan mengambil bunga kitolod yang masih segar, kemudian dimasukkan kedalam segelas air putih, gelas ditutup dan dibiarkan 5 menit kemudian digunakan untuk merambang atau merendam mata. Hal ini dilakukan tiap hari sampai sembuh.

Ki tolod adalah salah satu jenis tanaman yang cukup mudah untuk ditemui dan tumbuh liar di tempat lembab seperti selokan, pinggir sungai, pematang sawah  atau sekitar danau. Siapa yang sangka bahwa tanaman yang terabaikan ini terbukti memiliki efek untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti iritasi mata, sakit gigi, asma, hingga kanker!

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Ki tolod mengandung getah beracun. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam ki tolod, di antaranya senyawa alkaloid, yaitu lobelin, lobelamin, dan isotomin. Efek farmakologisyang dimiliki ki tolod, di antaranya anti radang, antineoplastik, anti-inflamasi, analgesik, dan hemostatik.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun, bunga dan seluruh bagian tumbuhan ki tolod dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  1. Mengobati Asma, Bronkhitis, dan Radang Tenggorokan.

    Cuci bersih 3 lembar daun ki tolod, lalu rebus dalam 2 gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

  2. Mengobati Luka.

    Cuci berish daun ki tolod secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Tempelkan hasil tumbukan pada luka, lalu balut dengan kain bersih. Balutan harus diganti 2-3 kali sehari.

  3. Obat Kanker.

    Rebus dengan api kecil 3 lembar daun ki tolod beserta batangnya dalam 5 gelas air sampai tersisa 1-2 gelas. Minum air rebusan beberapa kali hingga habis dalam sehari.

  4. Obat Mata.

    Rebus dengan api kecil 3 lembar daun ki tolod beserta batangnya dalam 5 gelas air sampai tersisa 1-2 gelas. Air rebusan diminum beberapa kali hingga habis dalam sehari.

  5. Mengobati Sakit Gigi.

    Cuci bersih 2 lembar daun ki tolod lalu tumbuk hingga halus. Letakkan hasil tumbukan pada gigi yang sakit/berlubang.

Demikian penjelasan tentang khasiat besar dibalik tanaman ki tolod bagi kesehatan tubuh yang berguna untuk mengobati berbagai penyakit yang sering mengganggu kesehatan tubuh kita. Selamat mencobanya di rumah dan semoga bermanfaat intinya selalu jaga kesehatan ya karena kesehatan sangat penting.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo