Inilah Manfaat Dari Biji Klabet Untuk Kesehatan

Mungkin nama klabet masih terdengar asing di telinga Anda. Klabet (Trigonella foenum graecum) adalah tanaman yang tumbuh sepanjang tahun. Berbunga putih dan keras, serta biji berwarna coklat kekuningan. Biji klabet banyak digunakan sebagai rempah dalam kuliner India Utara dan timur Tengah.

Klebet yang dicampur dengan cengkih, kapulaga dan serai biasa digunakan sebagai bumbu utama gulai kambing khas negara-negara arab.

Di Indonesia sendiri, biji klabet lebih sering digunakan sebagai salah satu bahan racikan jamu. Selain jamu yang diminum, biji klabet juga digunakan dalam ramuan obat luar.

Asal-Usul Klabet

Klabet yang dalam bahasa Inggris disebut fenugreek tumbuh subur di kawasan India, Mesir dan negara Timur Tengah. Pada penyebaranya, biji klabet digunakan dalam pengobatan Ayurveda dari India serta pengobatan tradisional Tiongkok dan Arab.

Kandungan Nutrisi dan Senyawa Alami

Biji klabet mengandung karbohidrat, protein, minyak lemak, minyak atsiri, flavonoid, saponin dan kumarin. Khasiat biji klabet untuk menurunkan kadar gula darah ditunjukkan oleh kerja senyawa alkaloid trigonelline dan cumarin. Biji klabet juga kaya vitamin seperti thiamin, asam folat, riboflavin, niasin, vitamin A, B6, dan C, dan merupakan segudang mineral seperti tembaga, kalium, kalsium, zat besi, selenium, seng, mangan, dan magnesium.

Manfaat Untuk Kesehatan

  1. Meningkatkan ASI.

    Khasiat biji klabet untuk melancarkan produksi ASI sudah diteliti sejak tahun 1945 oleh para peneliti dari University of Cairo, Mesir. Hasil penelitian membuktikan bahwa klabet berkhasiat sebagai stimulator kuat bagi produksi air susu ibu. Walaupun hingga kini belum diketahui mekanisme kerjanya, penggunaan klabet untuk tujuan tersebut dianjurkan, terutama karena klabet relatif aman bagi bayi. Perhatikan dosis pemakaiannya agar tidak berlebihan dan menyebabkan diare.

  2. Anti kanker.

    Kanker memang masih menjadi pembunuh manusia nomor 2 di seluruh dunia. Pengobatan dengan sistem modern berpeluang menimbulkan efek samping yang makin memperburuk kondisi kesehatan umum penderita. Para peneliti di Pusat Bioteknologi Rajiv Gandhi menemukan bahwa klabet memiliki efek estrogenik dan bisa menjadi alternatif dalam terapi penggantian hormon (HRT). Penelitian lain menunjukan bahwa saponin dan biji getah klabet mengikat racun dalam makanan dan membuangnya, sehingga melindungi selaput lendir usus besar dari kanker.

  3. Mengurangi Kolesterol.

    Kalbet mengandung saponin yang membantu mengurangi penyerapan tubuh koleterol dari makanan berlemak. Saponin juga berperan dalam menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat).

  4. Mencegah Diabetes.

    Asam amino unik 4HO-Ile sejauh ini hanya bisa ditemukan pada biji klabet. Asam amino tersebut memiliki sifat anti diabetes dengan cara meningkatkan sekresi insulin dalam kondisi hiperglikemik, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

  5. Membantu Pencernaan.

    Lendir pada klabet biji membantu mengurangi peradangan gastrointestinal, dan lapisan perut serta lapisan usus. Mengonsumsi biji klabet 2 kali sehari sebelum makan dapat menyehatkan pencernaan.

  6. Menjaga Berat Badan.

    Klabet melengkapi diet dan olahraga untuk menjaga berat badan. Ramuan termogenik dapat membantu penurunan berat badan dengan menekan nafsu makan, meningkatkan energi dan metabolisme.

  7. Menyehatkan Rambut.

    Daun klabet segar yang dilumatkan hingga seperti pasta dapat diterapkan secara teratur pada kulit kepala sebelum mandi. Hal ini dapat membantu pertumbuhan rambut, meningkatkan kesehatan kulit rambut, serta mengurangi ketombe.

Hati-hati!!

Penggunaan klabet pada kehamilan dapat memicu kontraksi rahim. Selain itu, walaupun efek racun dari klabet belum pernah diteliti, namun ada kecurigaan bahwa getah klabet dapat memicu hipoglikemia.

Salam Sehat

 

Kami melayani orderan grosir dan eceran. Untuk pemesanan silahkan hubungi : 081393930088

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo