Makanan Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Image result for menurunkan kadar kolesterol jahat

Kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) memiliki peran besar dalam meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Bahkan menurut American Heart Association, kadar LDL memberikan pengaruh lebih besar dibandingkan kadar kolesterol total.

Kadar LDL yang optimal adalah dibawah 100mg per desiliter. Untuk menjaga kadarnya tetap dibawah batas tersebut, kita perlu membatasi faktor resiko, seperti menerapkan pola makan yang sehat, dan olahraga teratur. Selain itu, ada pula makanan-makanan yang dapat membantu menurunkan kadar LDL secara cepat. Berikut ini di antaranya.

Makanan Kaya Serat

Makanan yang paling efektif dalam hal menurunkan kadar LDL dalam tubuh adalah makanan yang kaya serat larut, karena serat dapat mengikat kolesterol dan secara efektif akan mengeluarkannya melalui sistem pencernaan, sebelum kolesterol beredar di seluruh tubuh.

Kacang-kacangan merupakan sumber serat larut yang kaya. Makanan lain seperti oat dan biji-bijian untuk lainnya, atau buah-buahan semisal apel, jeruk, stroberi, dan anggur, juga mengandung serat larut.

Kacang

Kacang dan minyak mengandung lemak yang dapat melawan penumpukan LDL. Dalam studi yang dilakukan, diketahui bahwa kacang dapat menurunkan kolesterol karena memiliki asam lemak. Mengonsumsi sekitar 28gr kacang 5 kali seminggu bisa berdampak pada penurunan risiko penyakit kardiovaskular yang signifikan.

Ikan Berlemak

Mengonsumsi ikan berlemak 2-3 kali dalam seminggu dapat menurunkan kadar LDL dan trigliserida. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan dapat membantu melindungi jantung. Ikan berlemak yang bisa dipilih di antaranya adalah salmon, tuna, atau sarden.

Bawang Putih

Bawang putih dapat membantu melawan oksidasi kolesterol LDL. Sebuah studi menemukan bahwa LDL yang teroksidasi dapat mempercepat disfungsi vaskular. Sementara konsumsi bawang putih dapat mencegah pengerasan arteri yang disebabkan penumpukan plak, karena peningkatan resistensi terhadap oksidasi LDL.

Bebarap jenis makanan di atas dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalah tubuh. Bagi Anda yang sedang mengalami kolesterol tinggi menjaga kolesterol dalam tubuh tetap normal dengan makanan di atas bisa dicoba dan hindari makanan yang dapat memicu kolesterol naik lagi.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Tips Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Normal

    Kadar kolesterol di dalam tubuh harus di jaga dengan baik, sehingga tetap seimbang. Karena jika terlalu rendah ataupu...

  • Herbal Untuk Kolesterol

    Saat dokter memberitahukan kadar kolesterol anda tinggi, apa yang sudah anda lakukan?Tentunya anda akan melakukan ber...

  • Herbal Penurun Kolesterol

    Kolesterol adalah zat yang fungsinya sangat penting bagi tubuh. Sebenarnya zat ini merupakan zat lemak yang dikenal s...

online istana solo