Khasiat dan Manfaat Tanaman Komfrey

Image result for manfaat tanaman komfrey

Kompri atau Komfrey (Symphytum officinale L. Em,) amat umum di Eropa dan Asia Barat, yang tumbuh di tanah berumpput basah atau pinggir selokan. Di Indonesia kompri biasa ditanam dalam pot atau di kebun sebagai tumbuhan obat. Nama-nama lain dari tanaman ini adalah Kompri, komring (Jawa), K’ang fu li (China), comfrey, knitbone (Inggris), komfrey.

Perbanyakan tanaman dengan  menggunakan anakan. Pemeliharaan mudah, perlu cukup air dengan  cara penyiraman yang  cukup menjaga kelembaban dan pemupukan terutama pupuk dasar. Herba, membentuk rumpun, tinggi 20 – 50 cm. Tumbuhan berbatang sernu. Daun tunggal, bulat telur, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, permukaan berambut kasar, panjang 27 – 50 cm, lebar 4,5 – 14 cm, pertulangan menyirip, pelepah tumbuh berseling pada pangkal membentuk roset akar, warnanya hijau. Bunga majemuk, bentuk corong, putih kekuningan. Buah bulat, tiap buah terdiri dari 4 biji. Biji bulat, kecil, keras, dan hitam. Daun muda bisa dimakan sebagai sayuran. Perbanyakan dengan pemisahan akar.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Komfrey memiliki rasa agak sedikit pahit dan bersifat dingin. Bahan kimia yang terkandung dalam komfrey, di antaranya symphytine, echimidine, anadoline, alkaloid pyrrolizidine (Pas), tanin, minyak asiri, allatonin, serta vitamin (B1, B2, C, dan E). Daun komfrey bersifat antiradang dan antirematik. Sementara itu, akar komfrey berkhasiat menghentikan pendarahan.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun, dengan atau tanpa tangkai, dan akar komfrey dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diabetes (kencing manis), kolesterol tinggi, leukimia (rendah Hb), pneumonia, asma, gangguan pencernaan batu ginjal atau kencing darah, gangguan empedu, tumor dan kanker, ambeien dan pruritus, diare, patah tulang, luka atau alergi kulit, kemandulan pada wanita, rematik, pegal linu, tekanan darah rendah, serta tekanan darah tinggi. Pemanfaatan komfrey untuk menangani penyakit tersebut dilakukan dengan cara berikut. Cuci 4 lembar daun komfrey segar, lalu lemaskan dengan pemberian garam. Makan daun sebagai lalap 2 kali sehari. Cara lainnya, cuci 4 lembar daun komfrey segar, lalu blender. Minum sarinya 2 kali sehari. Selain itu, cara lain dapat dilakukan dengan mencuci 4 lembar daun komfrey, lalu rebus dalam 4 gelas air sampai tersisa 3 gelas. Minum air rebusannya 2 kali sehari.

Tanaman Kompri ini termasuk tanaman herbal obat yang juga mempunyai efek samping, pemakaian yang berlebihan dan dalam waktu lama bisa menyebabkan kerusakan hati dan pencetus timbulnya kanker.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo