Anda Penggemar Kopi? Kenali Tanda-Tanda Overdosis Kafein!!

Hasil gambar untuk Anda Penggemar Kopi? Kenali Tanda-Tanda Overdosis Kafein!!

Kopi merupakan minuman yang telah menjadi favorit banyak orang. Sebagian orang seringkali merasa lebih baik setelah minum kopi, sehingga hal tersebut dapat menjadi kebiasaan sehari-hari, tetapi overdosis dari kopi dapat membahayakan kesehatan.

Kopi dikenal sebagai minuman yang mengandung kafein. Banyak alasan orang untuk meminum kopi. Selain untuk membuat mata tidak mengantuk, kebiasaan minum kopi juga dipengaruhi oleh gaya hidup manusia baik yang ada di pedesaan maupun kota.

Batasan normal kafein yang bisa diterima oleh tubuh orang dewasa yang sehat hanya 400 miligram sehari, sementara remaja hanya 100 miligram. Kafein bukan hanya terdapat dalam kopi, zat ini juga ditemukan pada teh hitam, minuman bersoda, cokelat dan lainnya. Jika dalam sehari Anda mengkonsumsi kafein di atas batas normal yang dianjurkan, Anda akan mengalami overdosis kafein yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Berikut tanda-tanda tubuh yang kelebihan atau overdosis kafein, diantaranya:

  • Sakit Kepala.

    Jika Anda merasa sakit kepala setelah minum kopi bisa jadi Anda mengalami overdosis kafein. Apalagi jika dalam sehari Anda sudah minum kopi lebih dari 3 cangkir. Asupan kafein di atas batas normal yang dianjurkan akan meningkatkan tekanan dan mengakibatkan sakit kepala. Sering sakit kepala ini juga bisa terjadi, kalau tiba–tiba saja Anda berhenti mengonsumsi kafein padahal sebelumnya Anda terbiasa dengan kafein.

  • Denyut Jantung Tidak Teratur.

    Kafein merupakan zat yang menstimulasi sistem saraf pusat yang dapat mempengaruhi tekanan darah. Jika kafein masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang berlebihan maka tekanan darah akan meningkat dan ini juga mempengaruhi jantung. Denyut Jantung menjadi tidak teratur karena jantung bekerja lebih keras oleh asupan kafein yang berlebih. Bahkan untuk beberapa kasus, sistem kardiovaskular yang tidak berjalan normal karena kelebihan kafein, dapat menyebabkan kematian.

  • Sering Merasa Haus.

    Kafein masuk ke dalam tubuh dalam bentuk minuman, tetapi dampak yang ditimbulkannya justru sangat berbeda dengan maksud orang untuk minum. Konsumsi kafein secara berlebihan akan menimbulkan rasa haus. The Food and Drug Administration menyatakan bahwa kebutuhan tubuh akan cairan tidak akan terpenuhi dengan mengkonsumsi minuman berkafein. Saat Anda berlebihan dalam minum minuman berkafein, kecenderungan buang air kecil akan meningkat dan Anda akan mengalami dehidrasi yang tentu berbahaya bagi kesehatan.

  • Cemas.

    Sensasi awal yang ditimbulkan saat minum minuman berkafein adalah meningkatkan rasa kewaspadaan. Pada level yang normal ini adalah hal yang Anda butuhkan. Namun hati–hati jika Anda berlebihan mengkonsumsi kafein, kewaspadaan yang berlebihan justru berbalik menjadi kegelisahan. Ini tentu bukanlah dampak yang diharapkan karena hidup Anda tidak akan tenang jika disertai dengan perasaan gelisah.

  • Mual dan Muntah.

    Kafein yang masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan kadar asam lambung. Peningkatan asam lambung inilah yang menimbulkan rasa mual, mulas dan ingin muntah. Bahkan untuk beberapa kasus yang parah konsumsi kafein berlebihan akan menimbulkan diare yang sangat berbahaya bagi tubuh.

  • Merasa Lebih Lemas Ketika Menjelang Sore Hari.

    Mengonsumsi beberapa minuman kaleng yang mengandung kafein dalam sehari dapat membuat merasa memiliki energi yang tinggi, dan kemudian turun secara drastis menjelang sore hari. Sehingga ketika menjelang sore hari, biasanya akan cenderung merasa lebih lemas.

  • Urine Berwarna Kuning Gelap atau Orange.

    "Urine yang berwarna kuning gelap atau oranye adalah tanda-tanda dehidrasi. Kopi sebenarnya merupakan agen diuretik yang dapat menyebabkan dehidrasi dengan meningkatkan jumlah pengeluaran urine, sehingga dapat kehilangan cairan tubuh terlalu banyak," kata Amy Gross, MPH, RD, CDN dan ahli gizi klinis di New York Presbyterian Hospital. Kafein biasanya tidak memicu dehidrasi sampai setelah mengonsumsi sekitar 500 mg.

  • Tidak Dapat Tidur.

    "Kafein membutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam untuk dapat diserap tubuh. Hal tersebut berarti tetap berada dalam tubuh selama beberapa jam dan dapat mempengaruhi siklus tidur," kata Molly Morgan, RD. Jika membutuhkan waktu lebih lama dari 30 menit untuk dapat tertidur di malam hari, maka dapat mencoba memotong jumlah kafein agar mendapatkan tidur lebih nyenyak. Hal tersebut berlaku untuk semua zat yang mengandung kafein. Juga perlu diingat bahwa kopi tanpa kafein dan teh tanpa kafein tidak benar-benar bebas kafein.

Jika Anda termasuk orang yang gemar minum  batasi jumlah kafein yang masuk dalam tubuh, agar akibat buruk karena overdosis kafein tidak Anda alami. Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi segala macam makanan dan minuman yang Anda Konsumsi. Karna pada dasarnya semua makanan dan minuman itu baik hanya saja jika dikonsumsi secara bijaksana dan tidak berlebihan.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo