Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Kopi

kopi hitam

Kopi adalah minuman simbol pergaulan, kandungan kafein yang terkandung di dalam kopi membuat orang berasumsi minman inilah yang membuat mereka terus terjaga. Padahal kafein berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. kafein juga memberikan efek candu bagi peminumnya. Jika anda tidak dapat memulai hari tanpa menyeruput secangkir kopi di pagi hari, anda sudah digolongkan sebagai pecandu kopi.  

Sebenarnya tidak masalah anda mengonsumsi kopi secara moderat. Seseorang akan lebih berkonsentrasi dan berenergi setelah minum kopi.  Namun bagi anda yang memiliki riwayat jantung, asam lambung, hipertensi, atau masalah kesehatan lainnya yang mengharuskan anda menghindari kopi, hal ini sangat berbahaya.

Sebaiknya anda mulai membatasi konsumsi kopi jika tidak ingin menderita masalah kesehatan tersebut. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengontrol kebiasaan menyeruput kopi bagi anda yang sudah mengalami kecanduan:

Melakukan secara bertahap

Keri Gans, penulis The Small Change Diet, mengatakan bahwa “jika sudah terlalu banyak minum kafein, anda mungkin harus melepaskannya perlahan.” Anda akan mengurangi gejala penarikan yang terlalu cepat serta member waktu untuk beradpatasi mengembangkan kebiasaan baru. Gejala penarikan (withdrawal) yang dimaksud adalah gejala yang terjadi ketika seseorang mengurangi atau menghentikan konsumsi kafein. Gejala tersebut berupa kelelahan, rasa kantuk, depresi, sakit kepala, mudah marah, gangguan konsentrasi, nyeri otot, insomnia, sembelit, kecemasan, dan gelisah.

Latihan Pernapasan

Anda bisa mencoba teknik pernapasan dengan menarik napas dalam –dalam untuk melawan keinginan minum kopi yang sangat kuat. Hal ini juga membantu membersihkan sisa kafein dan racun dari dalam tubuh. saat keinginan minum kopi muncul sangat kuat, cobalah berbaring atau duduk dalam posisi yang nyaman dengan tangan di atas atau di depan perut. Tarik napas dalam-dalam melaui hidung secara perlahan dalam 5 hitungan. Tahan napas selama tiga detik. Lalu hitung secara perlahan sampai 5 sembari menghembuskan napas lewat mulut sampai udara benar-benar habis. Lakukan pernapasan ini selama 10 menit.

Perbanyak Minum Air Putih

Air putih membantu organ tubuh dalam proses detoksifikasi racun dan kafein dalam tubuh yang dikeluarkan lewat urin. Memperbanyak minum air putih membantu tubuh memproduksi urin lebih banyak dan mempercepat pembuangan kafein dalam tubuh.

Selain itu, banyak minum air putih bisa mencegah dehidrasi pada seseorang. Dokter menyarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari.

 Mencari minuman pengganti

Sebaiknya anda mulai mencari minuman pengganti yang memiliki kadar kafein lebih rendah seperti teh, kopi non-kafein, cokelat atau minuman yang bebas kafein. Anda boleh mengonsumsi minuman jenis ini selama masa peralihan dan menghentikan kecanduan terhadap kopi secara perlahan meskipun masih mengandung kafein.

Istirahat yang cukup

Banyak orang yang menstimulasi kebutuhan energinya karena tidak memiliki tidur yang berkualitas. Minum secangkir kopi sebelum tidur, membuat anda merasa lebih segar karena kafein menghambat bahan kimia yang menginduksi kantuk di otak serta meningkatkan hormon adrenalin.

Untuk menurunkan keinginan minum kopi, biasakanlah memiliki waktu tidur yang cukup. Kebiasaan tidur yang buruk akan menggagalkan anda dalam mengatasi kecanduan kopi dan kafein. Biasakanlah tidur pada waktu yang sama setiap hari. Usahakan lah agar anda bisa tidur dengan nyenyak agar tubuh terasa segar dan bertenaga ketika bangun di pagi hari.

Melakukan aktivitas fisik

Cara ampuh memerangi rasa frustasi, mudah marah, dan cepat lelah dalam proses penarikan dari kopi dan kafein dengan melakukan aktivitas fisik harian seperti olahraga. Anda dapat berolahraga ringan seperti berjalan kaki atau berlari-lari kecil di area kompleks setiap hari atau lakukan gerakan peregangan dan pemanasan untuk mengurangi rasa kantuk yang timbul.

Mengonsumsi makanan sehat

Hindarilah makanan cepat saji yang cenderung berkalori tinggi. Makanan tersebut akan menggagalkan anda dalam upaya menghentikan kecanduan terhadap kopi. Sebaiknya anda mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian yang kaya serat dan karbohidrat tinggi.

Minum suplemen

Terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan tubuh mengalami defisiensi magnesium. Anda perlu mengonsumsi suplemen magnesium untuk menggantikan kekurangan tersebut. Minum suplemen magnesium juga mengatasi gejala yang timbul akibat penarikan kafein seperti hilangnya selera makan, sakit kepala, kelemahan otot, dan gangguan tidur.

Anda bisa mengonsumsi alpukat, pisang, kacang-kacangan, olahan kedelai, kentang, yogurt,dan sayuran hijau. Anda perlu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan arahan yang tepat terutama bagi penderita jantung, ginjal atau yang sedang menjalani pengobatan tertentu jika ingin mengonsumsi suplemen magnesium.

 

Kafein dapat memberikan manfaat bila dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun bisa sangat berbahaya jika dikonsumsi melebihi dosis yang ditentukan. Dosis kafein yang aman bagi tubuh orang dewasa adalah 400 miligram sehari dan 100 miligram bagi remaja. Kafein tidak hanya terdapat dalam secangkir kopi, melainkan juga terdapat pada the hitam, minuman bersoda, cokelat, dan lainnya. Jika anda mengonsumsi kafein melebihi batas normal, anda akan mengalam overdosis kafein.

 

Karyawan baru Istana