Manfaat Kopi Bagi Ibu Hamil

minum kopi saat hamilTiap tahunnya, ada lebih dari 400 milyar cangkir kopi yang dikonsumsi masyarakat dunia. Pencinta kopi tidak hanya pria, tetapi juga wanita. Lalu, apakah wanita hamil boleh mengonsumsi kopi seperti biasa? Apakah kopi dapat berdampak buruk bagi janin?

Saat hamil kita harus memperhatikan asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Karena apa yang dimakan oleh ibu juga menjadi makanan bagi janin begitu pula dengan kopi. Kafein dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan risiko darah tinggi, menstimulasi produksi asam lambung berlebih, dan menurunkan kemampuan tubuh menyerap zat besi dari makanan.

Kafein tidak hanya terkandung dalam kopi saja. Cokelat, teh, minuman bersoda, alkohol, minman energi, maupun obat-obatan. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat menembus plasenta dan berdampak pada denyut jantung bayi. Tubuh ibu mampu mencerna dan mengeluarkan kafein dari tubuh dengan mudah, sedangkan janin yang belum memiliki metabolisme sempurna membutuhkan waktu jauh lebih lama untuk membuang kafein. Selain itu, kafein uga mengganggu pola tidur bayi dan membuat bayi terlalu aktif dan sulit tidur. Oleh karena itu banyak yang menyarankan ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi kopi.

Batas wajar mengonsumsi kafein bagi ibu hamil adalah 200 miligram sehari atau setara dengan 2 cangkir kopi instan. Akan lebih baik bila tidak dikonsumsi setiap hari. mengonsumsi kopi memang menjadi rpo kontra tersendiri bagi ibu hamil. Bila dikonsumsi dengan benar dan dalam batas wajar, kopi memberikan manfaat yang besar bagi ibu hamil. Berikut manfaat kopi bagi ibu hamil yang belum banyak diketahui:

  • Menjaga Stamina Ibu Hamil

Kopi mengandung zat stimulan dan zat psikoaktif yang bernama kafein. Kandungan kafein yang terserap oleh darah mengalir ke otak dan memperlancar aliran darah. Energy bisa tercipta akibat aliran darah yang lancar.

  • Meningkatkan Memori Ibu Hamil

Stres berlebihan saat hamil berpengaruh terhadap memori ibu hamil. Meminum secangkir kopi bisa meningkatkan kemampuan memori ibu hamil. Aliran darah yang lancar ke otak meningkatkan kemampuan memori dan membuat tidak mudah lupa.

  • Mencegah Demensia Alzheimer

Ibu hamil rentan kekurangan zat besi sehingga aliran oksigen ke otak menjadi terhambat. Penyakit ini merupakan penurunan kognitif yang disebabkan oleh menurunnya sistem otak. Penyakit ini ditandai dengan penurunan daya ingat yang diiringi perubahan kepribadian serta kemampuan mengekspresikan diri.  Bahkan penyakit ini bisa menyebabkan ibu hamil lupa bahwa dirinya sedang hamil sehingga melakukan hal –hal yang berbahaya bagi janin.

  • Meningkatkan Mood

Kebanyakan ibu hamil memiliki mood tidak stabil dan sering buerubah-ubah karena perubahan hormon dalam tubuh. Kopi bisa dijadikan pilihan tepat untuk menstabilkan mood dan mengindari stres saat hamil.

  • Mencegah Depresi

Ibu hamil yang tidak siap menerima kehamilanya dan tidak siap menerima perubahan dalam hidupnya saat hamil akan mengalami depresi. Mengonsumsi kopi dapat meredakan depresi hingga 10 persen pada ibu hamil. Kopi juga bisa menghilangkan rasa putus asa yang bisa menimbulkan keinginan bunuh diri pada ibu hamil akibat depresi yang terlalu larut.

  • Membakar Lemak Tubuh

Ibu hamil ang memiliki peningkatan berat badan yang terlalu signifikan diharapkan melaksanakan program diet. Kelebihan berat badan menyebabkan kesulitan ketika menghadapi persalinan. Mengonsumsi kopi dipercaya bisa membakar lemak dalam tubuh. Dalam dunia kecantikan, kopi biasa digunakan untuk membakar lemak pada saat spa.

  • Menormalkan Gula Darah

Ibu hamil yang memiliki gula darah tingi akan mengalami masalah kehamilan dan komplikasi kehamilan. Mengonsumsi kopi hitam ditambah sedkikit gula membantu ibu hamil menormalkan gula darah yang berlebih. Hindari makanan dan minuman serba pahit seperti kopi murni karena dapat mengangu kesehatan janin.

  • Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kopi bisa dimanfaatkan ibu hamil untuk mencegah tumbuhnya sel kanker.

  • Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Penyakit ini disebabkan peredaran darah pada pembuluh darah yang tidak lancar terutama aliran darah ke jantung. Orang yang aliran darahnya tidak lancar bisa terkena serangan jantung mendadak, stroke, pembesaran aorta, atau tekanan darah tinggi. Penyakit ini dapat dicegah bila aliran darah ke jantung lancar. Salah satunya dengan mengonsumsi kopi.

Kopi tidaklah berbahaya bagi ibu hamil asalkan dikonsumsi sesuai takaran. Kafein yang terdapat pada kopi membuat ibu hamil tidak bisa mengendalikan diri ketika mengonsumsi kopi. Jika ibu hamil sudah kecanduan kopi, mereka cenderung mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak. Bahkan bisa menghabiskan beberapa cangkir kopi setiap hari. Hal ini lah yang berbahaya. Sebaiknya ibu hamil membatasi diri terhadap kopi. Ibu hamil boleh menghindari kopi jika tidak bisa mengendalikan diri ketika sudah minum kopi. Karena segala yang dikonsumsi secara berlebihan itu tidak baik. Apalagi pada sat hamil.

Karyawan baru Istana