Manfaat Minum Kopi

biji coffee

Kopi adalah minuman yang banyak digemari baik pria maupun wanita. Kopi dipercaya dapat menghilangkan rasa kantuk. Kopi juga memberi efek positif bagi tubuh. Namun terlau sering mengonsumsi kopi akan sangat berbahaya karena kafei nyang terkandung di dalam kopi merupakan senyawa alkaloid.

Kopi sudah menjadi bagian penting bagi kehidupan. Banyak orang yang tidak dapat mengawali hari tanpa secangkir kopi di pagi hari. Minum kopi di pagi hari membuat badan bersemangat dalam menjalani aktivitas sepanjang hari.

Kandungan Kopi

Sebelum membahas manfaat dan bahaya dari kopi lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui zat apa yang terkandung di dalam opi terlebih dahulu.

  1. Kafein

Kandungan utama dari kopi adalah kafein.  Kafein merupakan senyawa kimia berupa alkaloid santin yang dihasilkan oleh makanan dengan tujuan melawan penyakit atau hewan yang menyerang bagian tubuh tanama itu sendiri. Kafein memiliki dampak positif dan negatif bila dikonsumsi oleh manusia. Kaein yang dikonsumsi melebihi dosis yang ditentukan dapat menyebabkan ketergantungan dandalam jangka waktu lama bisa menyebabkan berbagai komplikasi penyakit.

  1. Ethyphenol

Zat ini mirip dengan tar dan mengandung pheremone. Zat yang satu ini mengkin asing bagi banyak orang namun zat seperti ini adalah aroma khusus dari kopi.

  1. Quinic Acid

Rasa asam pada kopi ditentukan dari sedikit banyaknya kadar quinic acid dalam kopi. Dala ilmu kedokteran zat ini digunakan sebagi bahan obat flu.

  1. Dicaffeoylquinic Acid

Kopi adalah supplier anti oksidan yang paling banyak dikonsumsi orang dunia berkat kandungan zat ini di dalam kopi.

  1. Acetymethylcarbinol

Zat ini memberikan rasa gurih pada kopi. Zat ini juga banyak ditemukan pada mentega.

  1. Putrescin

Zat ini adalah hasil dari pembusukan bakteri E.Coli yaitu bakteri yang bisa membuat sesuatu menjadi busuk.

  1. Trigonelline

Zat ini berfungsi melindungi gigi sehingga membuat gigi menjadi kuat. Meskipun kopi membuat gigi hitam, kopi sebenarnya bisa membuat gigi kuat dan tidak mudah berlubang.

  1. Niacin

Niacin membawa dampak buruk bagi tubuh karena senyawa yang satu ini menyerap vitamin-vitamin dalam tubuh. maka dari itu, hanya boleh diminum paling banyak 3 kali sehari.

Manfaat Minum Kopi

Minum kopi memang berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi berlebih, serta memicu efek ketergantungan pada kafein. Akan tetapi berikut ini adalah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan:

Mencegah batu empedu

Para peneliti havard university pada tahun 2002 mengumumkan hasil penelitian bahwa wanita yang minum kopi setiap ari memiliki risiko yang lebih rendah terhadap batu empedu.

Mencegah depresi

Kopi memiliki zat yang dapat meningkatkan mood. Banyak orang yang secara tidak sadar menjadi ceria dan bergairah seelah minum kopi. Sat mood meningkat, seseorang akan mengalami kebahagiaan dan terhindar dari depresi.

Mengurangi risiko diabetes

Peminum kopi emiliki kemungkinan lebih kecil terkena penyakit diabetes. Kopi yang dimaksud adalah kopi tanpa tambahan gula yang terlalu banyak. Hal ini dikarenakan efek senyawa yang terkandung dalam kopi menghalangi HIAPP, polipeptida yang dapat menghasilkan serat protein abnormal yang ditemukan pada penderita diabetes tipe 2.

Menurunkan risiko kanker

Konsumsi kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, endometrium, prostat, kanker hati, dan masalah tentang obesitas. Berdasarkan hasi penelitian Havard School of Public Health kopi tanpa kafein dapat menurunkan penurunan risiko kanker prostat. Dalam sebuah penelitian di Jepang terhadap sejumlah wanita, risiko kanker usus wanita yang m,engonsumsi kopi 2 kali sehari menurun sebesar 25 persen.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Kopi dapat melancarkan aliran darah sehingga membantu merangsang metabolism tubuh dalam membakar lemak. Kopi sangat cocok diminum bagi yang ingin mempertahankan atu menurunkan berat badan. Namun tetap konsumsi kopi dalam batas yang dianjurkan supaya tidak terkjadi komplikasi.

Karyawan baru Istana