Manfaat Kesehatan Yang Terkandung Dalam Kubis Merah

Image result for kubis merah

Kubis merah adalah sayur super berwarna ungu ini lebih disukai daripada kol hijau. Keberadaan kubis merah ini menjadi sangat populer, dikarenakan manfaat yang terkandung di dalamnya untuk kesehatan. Kubis merah kini mudah ditemukan di supermarket.

Keunggulan Kubis Merah Dibanding Kubis Hijau.

Kubis merah disebut juga red kraut atau blue kraut memiliki beberapa keunggulan daripada kubis hijau. Vitamin C dalam kubis merah, dua kali lipat lebih tinggi dari kubis hijau. Warna merah keunguan menunjukkan tingginya jumlah anthocyanin dalam sayur ini. Anthocyanin merupakan pigmen yang memberikan warna pada buah atau sayur. Makin pekat warnanya, makin tinggi kadar pigmen tersebut.

Hasil riset oleh Agricultural Research Service (ARS) menunjukkan bahwa kol merah mengandung 36 jenis anthocyanin, dimana 8 jenis zat yang terdapat di dalamnya tidak ditemukan pada kol hijau. Beberapa jenis anthocyanin memiliki sifat antioksidan, 2 kali lipat dari vitamin C.

Berbagai nutrisi gizi hadir dalam kubis merah. Vitamin yang terdapat di dalamnya termasuk vitamin C, E, K, riboflavin, piridoksin, thiamin, folat, dan betakaroten. Sayur renyah ini juga mengandung mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan magnesium. Secangkir kubis merah mentah mengandung 5 gram karbohidrat, 1 gram protein, 2,5 gram gula alami, 22 kalori, 1,5 gram serat, dan air.

Berikut Manfaat Kesehatan Kubis Merah.

  • Anti Penuaan.

    Seperti yang sudah dijelaskan, Kubis merah merupakan sumber yang tinggi vitamin C dan Vitamin E. Kombinasi kedua Vitamin ini akan memberikan manfaat terhadap kulit kita untuk menjadi cantik alami dan bercahaya. Sementara ituvitamin C juga sekaligus bertindak sebagai zat antioksidan, sehingga kulit menjadi segar dan tampak awet muda karena terbebas dari efek radikal bebas yang merusak sel kulit.

  • Mencegah Radikal Bebas.

    Vitamin C adalah zat anti oksidan yang sangat banyak ditemukan dalam kubis merah. Senyawa antioksidan bertindak mencegah radikal bebas dalam tubuh yang membahayakan jaringan sel dan bisa menyebabkan kanker.

  • Untuk Mata dan Kulit Sehat.

    Kubis merah banyak mengandung Vitamin A, yang sangat bermanfaat untuk mempertahankan penglihatan yang sehat. Vitamin ini secara alami juga bertindak sebagai pelembab, sehingga akan menjaga kulit kita tetap  lembut, sehat dan indah.

  • Tinggi Vitamin dan Mineral Namun Rendah Lemak.

    Kubis merah adalah salah satu makanan yang hanya sedikit mengandung lemak, akan tetapi sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Selain itu, kultivar kubis ini juga sedikit mengandung kalori. Dengan demikian sangat baik bagi yang sedang dalam diet menjaga atau menurunkan berat badan berlebih.

  • Mendukung Fungsi Otak dan Syaraf.

    Kubis merah kaya akan yodium yang membantu meningkatkan fungsi otak, serta membantu berfungsinya sistem saraf dengan baik. Selain itu juga akan membantu berfungsinya kelenjar endokrin.

  • Meningkatkan Imunitas.

    Vitamin E yang berlimpah dalam kol merah dibutuhkan untuk produksi antibodi, yang penting dalam sistem kekebalan tubuh.Vitamin E juga berperan dalam proses metabolisme, serta membantu dalam perbaikan DNA.

  • Menurunkan Risiko Kanker.

    Antioksidan kuat dalam kol merah termasuk anthocyanin dan vitamin C, berguna untuk mencegah oksidasi oleh zat karsinogen dan radikal bebas. Tambahkan sayur ini ke dalam menu harian anda, untuk mencegah risiko kanker.

  • Mengatasi Luka Lambung.

    Luka lambung seperti ulkus peptikum dapat diobati dengan glutamin dan asam amino yang terdapat di dalam kubis merah. Caranya dengan rutin minum jus sayur ini.

  • Mengontrol Tekanan Darah.

    Kol merah cocok dikonsumsi oelh penderita hipertensi. Kalium yang berlimpah di dalamnya berperan dalam menjaga tekanan darah tetap normal.

  • Mencegah Radang Jantung.

    Sayur ungu ini banyak mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya yang efektif untuk mencegah sumbatan pada arteri di jantung dan peradangan pada organ tersebut.

Catatan: Kubis merah memiliki sifat nutrisi yang sangat kuat, sehingga bisa membantu meningkatkan kesehatan dan  memiliki kapasitas mengobati atau mencegah penyakit. Akan tetapi kita juga penting untuk menggabungkan sumber lain untuk memenuhi kebutuhan kita akan vitamin dan mineral. Selain makan kubis, kita juga masih perlu untuk mengkonsumsi secara rutin sayuran lainnya, buah-buahan, biji-bijian, protein tanpa lemak atau  produk susu untuk memenuhi semua kebutuhan gizi kita.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 
Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo