Kumis Kucing - Berkhasiat Untuk Kesehatan

Image result for manfaat kumis kucing

Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) adalah tanaman yang termasuk golongan famili lamicaeae/labiatae yang banyak dijumpai di Indonesia. Tanaman ini dipercaya banyak memberikan khasiat bagi kesehatan kita.

Tanaman ini sebenarnya berasal dari Afrika yang kemudian menyebar ke Asia dan Australia. Tanaman ini biasa tumbuh ditanah yang subur, gembur, berhumus dan memiliki tata air serta udara yang baik. Kandungan zat kimia seperti minyak atsisi, saponin, sapofonin, sinensetin, mioinositol, zat samak dan kalium dipercaya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kumis kucing memiliki rasa sedikit pahit, agak asin, sepet, dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam kumis kucing, di antaranya zat samak, minyak asiri, orthosiphonglikosida, minyak lemak, saponin, sapofonin, garam kalium (0,6-3,5%), dan myoinositol. Sementara itu, efek farmakologis yang dimiliki oleh kumis kucing, di antaranya antiradang, peluruh air seni (diuretic), dan penghancur batu saluran kencing.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian kumis kucing dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  • Mengobati Batu Kandung Empedu.

    Giling segenggam daun kumis kucing, sejempol kunyit, 7 helai daun ungu, dan 2 siung bawang putih. Tambahkan sepotong kayu manis, lalu rebus dengan 1,5 liter air sampai tersisa 750 ml. Minum air rebusan 2 kali sehari.

  • Mengobati Bengkak pada Kandung Kemih.

    Cuci bersih 30gr herba kumis kucing, 30gr daun sendok, dan 30gr rumput lidah ular. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati Encok.

    Rebus 30gr daun kumis kucing dan 30gr herba meniran dalam 3 gelas air hingga tinggal 1,5 bagian. Setelah dingin, minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati Infeksi Kandung Kemih (batu dalam kandung kemih).

    Rebus 5-10 helai daun kumis kucing dalam setengah gelas air. Minum air rebusan 2 kali sehari.

  • Mengobati Infeksi Saluran Kencing, Sering Kencing Sedikit-sedikit (anyang-anyangen).

    Cuci bersih 30gr kumis kucing, 30gr meniran (Phyllanthus urinaria), dan 30gr akar alang-alang. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air samapi tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, minum setengah gelas air rebusan 3 kali sehari.

  • Mengatasi Keputihan.

    Rebus 1 genggam daun kumis kucing, 1 genggam beluntas, 1 sendok teh jinten hitam, dan 10 biji kemukus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Menghilangkan Panas dan Lembap serta Masuk Angin.

    Rebus 30-60gr tumbuhan kumis kucing kering atau 90-120gr tumbuhan kumis kucing basah. Minum air rebusan seperti minum teh.

  • Mengobati Sakit Kencing Batu.

    Rebus 4-7 helai daun kumis kucing dan 7 tumbuhan meniran dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 3 kali sehari.

Catatan : pemakaian yang berlebih menyebabkan keracunan, terutama menyebabkan kerusakan pada organ hati.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Khasiat Kumis Kucing

    Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) merupakan salah satu tanaman obat berasal dari Afrika tropis, yang kemudian meny...

  • Kumis Kucing

    Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) merupakan tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah dimana-mana. Di Indonesia tanam...

online istana solo