Manfaat Besar Pada Kunir Putih

Image result for manfaat kunir putih

Kunir putih (Curcumma alba L.) sering disebut temu rapet namun sesungguhnya memiliki perbedaan yang nyata, karena daunnya yang indah, kunir putih ditanam pula dipekarangan sebagai tanaman hias.

Tanaman ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Selain digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur dapat digunakan sebagai ramuan obat. Hingga kini para pengobat tradisional di Indonesia tetap menggunakannya sebagai salah satu obar alami yang penting.

Kunir putih merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang memang sama dengan kencur atau dengan adanya jenis kerabat dekat kencur, tetapi kunir putih ini mengalami perbedaan pada kencur yang dimana banyak dipakai sebagai bumbu masak tetapi untuk kunir putih lebih khsus itu memang dapat digunakan sebagai salah satu jenis pengobatan yang saat bagus untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam rimpang dan daun kunir putih, di antaranya saponin dan polifenol. Efek farmakologis yang dimiliki oleh kunir putih, di antaranya menghentikan pendarahan, anti-inflamasi, menambah nafsu makan, dan antineoplastik (merusak pembentukan rebosom pada sel kanker).

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Rimpang daun daun kunir putih dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  • Menambah Nafsu Makan.

    Cuci bersih 25 gr rimpang kunir putih, kupas kulitnya, lalu blender bersama 2 gelas air. Saring airnya lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  • Mengecilkan Rahim.

    Cuci bersih 100gr rimpang kunir putih segar, kupas kulitnya, parut, lalu peras. Saring hasil perasan lalu minum sekaligus satu kali sehari.

  • Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker.

    Minum setengah sendok teh serbuk kunir putih 3 kali sehari dengan air.

  • Mengobati Sakit Maag, Nyeri Lambung.

    Seduh 1,5 sendok teh serbuk kunir putih dengan 1 cangkir air panas. Minum seduhan kunir putih 3 kali sehari sebelum makan.

Demikian manfaat yang terkandung dalam kunir putih. Jenis rempah-rempah yang satu ini memang sudah terbukti sangat bagus untuk pengobatan tradisional dibandingkan dengan kencur yang sering digunakan sebagai bumbu dapur.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo