11 Manfaat Kunyit Sebagai Obat Tradisional

Image result for manfaat kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah yang sangat banyak terdapat di Indonesia, bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai herbal tradisional. Tidak heran karena manfaat tanaman / rempah ini tidak hanya untuk masakkan melainkan juga untuk kesehatan. Manfaat kunyit antara lain yang paling sering diketahui oleh masyarakat umum adalah untuk ibu menyusui, untuk ibu hamil dan sebagainya. Sedangkan manfaat lainnya dari kunyit adalah untuk membersihkan wajah dan menghilangkan flek hitam pada kulit.

Kunyit atau kunir (Curcuma domestica) adalah tanaman obat yang wilayah tumbuhnya lebih dominan di Asia Tenggara. Tergolong dalam kelompok jahe-jahean dan temu-temuan yang dibeberapa tempat dikenal dengan beberapa nama seperti kurkuma, kunir, koneng, dan konyet.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kunyit memiliki rasa agak pahit, sedikit pedas, bau khas aromatik, bersifat sejuk, dan tidak beracun. Bahan kimia yang terkandung dalam kunyit di antaranya caffeic acid. Efek farmakologis yang dimiliki kunyit, di antaranya melancarkan darah dan vital energi, menghilangkan sumbatan, meluruhkan kentut dan haid, antiradang (anti-inflamasi), mempermudah persalinan, antibakteri, memperlancar pengeluaran empedu (kolagogum), merangsang semangat, mengurangi rasa lelah, antikejang, serta antioksidan.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Rimpang kunyit dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  1. Mengobati Demam.

    Cuci 20gr rimpang kunyit segar, lalu parut. Aduk parutan kunyit dengan 100 ml air matang, lalu peras dengan sepotong kain. Minum air perasannya 2 kali sehari.

  2. Mengobati Diare.

    Iris tipis-tipis 10gr rimpang kunyit segar, lalu rebus dalam 200ml air sampai tersisa 70ml. Tambahkan 1 sendok teh air kapur sirih, lalu aduk sampai rata. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu minum 3 kali sehari sampai sembuh.

  3. Mengobati Dispepsia (perut kembung, nyeri, mual, tidak nafsu makan).

    Rebus 20gr rimpang kunyit segar yang telah dipotong tipis-tipis, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkih, dan 10gr jahe dalam 600ml air sampai tersisa 300 ml. Saring air rebusan, lalu minum sekaligus saat masih hangat.

  4. Mengobati Eksim dan Borok (obat luar).

    Parut rimpang kunyit tua sebesar ibu jari. Tambahkan 1 sendok teh air kapur sirih dan perasan 1 buah jeruk nipis, lalu aduk sampai rata. Oleskan campuran tersebut pada bagian tubuh yang sakit.

  5. Mengatasi Gatal akibat cacar air (obat luar).

    Cuci bersih segenggam daun asam dan sepotong empu kunyit, lalu giling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Oleskan adonan pada bagian badan yang gatal.

  6. Mengatasi Keputihan.

    Kupas 15gr kunyit yang cukup tua, lalu parut. Tambahkan 150ml larutan air asam dan gula jawa, aduk rata. Peras dengan sepotong kain, lalu minum setiap hari.

  7. Mengobati Radang Amandel.

    Cuci setengah jari empu kunyit, lalu parut. Tambahkan 2 sendok makan air minum, aduk sampai rata, lalu peras. Tambahkan 1 butir kuning telur ayam dan sedikit air kapur sirih dalam air perasan. Kocok rata adonan, lalu minum satu sampai 2 kali sehari.

  8. Mengobati Radang Rahim, Keputihan, Radang usus buntu, Hepatitis, dan Sakit Kuning.

    Cuci 20gr rimpang kunyit, lalu parut. Tambahkan 2 sendok makan air, lalu peras dan saring. Minum 3 kali sehari bersama 1 sendok makan madu.

  9. Mengobati Radang Gusi.

    Cuci bersih setengah jari empu kunyit dan 3 potong gambir, lalu iris tipis-tipis. Rebus bahan dalam 2 gelas sampai tersisa 1 gelas. Gunakan air rebusan untuk berkumur sebanyak 3-4 kali sehari.

  10. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi.

    Parut setengah jari rimpang kunyit, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Aduk campuran tersebut, peras, dan minum 2-3 kali sehari.

  11. Mengatasi Masalah terlambat Haid.

    Potong-potong 15gr rimpang kunyit, 15gr daun sigading, 10gr biji pala, 10gr kapulaga, 5gr jinten hitam, dan 5gr cengkeh. Rebus bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu bagi menjadi 3 bagian untuk diminum 3 kali sehari.

Itulah 11 manfaat kunyit sebagai bahan penyusun obat tradisional yang kiranya bermanfaat untuk Anda semua.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Kunyit

      Kunyit Curcuma longa atau yang biasa disebut dengan nama kunyit merupakan akar yang sudah dikenal khasiatnya selama...

online istana solo