Ini Alasan Mengapa Kurma Baik Untuk Penderita Anemia

Hasil gambar untuk Kurma Baik Untuk Penderita Anemia

Pernahkah kamu merasakan gejala gejala mudah lelah, nafas memburu, sering sakit kepala, susah tidur dan wajah pucat? Mungkin kamu sedang mengalami anemia. Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Sel darah merah berfungsi mengikat oksigen dan mengedarkannya bersama zat nutrisi ke sel sel tubuh. Oleh karena itu penderita anemia terlihat pucat dan mudah lelah.

Anemia dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti pendarahan, menstruasi, hamil, kekurangan zat besi, dan kelainan sistem tubuh. Uniknya penderita anemia yang disebabkan oleh kekurangan asupan zat besi biasanya menunjukkan kelainan perilaku yaitu ingin memakan kertas, tanah atau benda yang tidak memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kondisi ini disebut dengan pica. Anemia karena kekurangan zat besi dapat dihindari dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi.

Kandungan Nutrisi Buah Kurma

100g porsi buah kurma ini mengandung kira-kira :

Vitamin B9 (Folat-asam folat). 28 mcg serta Folat dan asam folat, keduanya adalah vitamin B9. Folat (asam folat) diperlukan oleh sel-sel darah merah untuk membentuk dan berkembang. Tubuh kita tidak menyimpan kandungan folat dalam jumlah yang besar. Jadi, Anda perlu makan banyak makanan kaya folat untuk mempertahankan tingkat normal vitamin ini. Mengambil makanan yang kaya folat dapat membantu mencegah kondisi ini.

Zat Besi. 0.90 mg: Kurma adalah sumber zat besi yang sangat baik, yaitu sekitar 0,90 mg / 100 g dari buah. Zat besi yang menjadi komponen hemoglobin dalam sel darah merah menentukan kemampuan membawa oksigen dalam darah. Tingkat yang mengagumkan dalam produksi zat besi membuat kurma makanan tambahan yang sempurna untuk orang yang mengalami anemia. Tingkat kandungan zat besi yang tinggi menyeimbangkan kekurangan zat besi yang ada pada pasien anemia, sehingga meningkatkan energi dan kekuatan, sambil mengurangi kelelahan dan kelesuan.

Vitamin C. 0,6 mg: Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi. Ia berperan sebagai antioksidan dan melindungi jaringan tubuh dari kerusakan oksidasi. Antioksidan bertindak melindungi sel-sel Anda dari efek radikal bebas yang berpotensi merusak produk sampingan metabolisme tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel yang dapat berkontribusi pada beberapa jenis penyakit.

Alasan Kurma Baik Untuk Penderita Anemia

Kurma (Date Palm) adalah sejenis tumbuhan palem yang banyak ditemukan di Timur Tengah. Sejak dulu kurma dikenal sebagai buah tangan eksklusif orang orang Indonesia yang menunaikan ibadah haji. Namun sekarang kurma mudah ditemukan di Indonesia. Kurma memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. 100 gram kurma memiliki kalori sekitar 900 – 1100 kJ tergantung dengan jenis dan tempat penanamannya.

Kurma sangat cocok dikonsumsi oleh penderita anemia karena beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam buah kurma dapat memenuhi kekurangan nutrisi yang di alami oleh penderita anemia. Oleh sebab itu mengkonsumsi kurma memberikan manfaat yang luar biasa untuk penderita anemia. Beberapa manfaat kurma diantaranya:

  1. Memberikan Tenaga.

    Penderita anemia sering merasa lelah dan kurang bertenaga. Hal ini disebabkan kurangnya jumlah sel darah merah sehingga nutrisi yang diserap tubuh tidak bisa diedarkan secara optimal. Cobalah mengonsumsi 5 butir kurma. Energi yang dikandung 5 kurma setara dengan 130 kJ. Bukan hanya proses pencernaan lebih singkat, energi yang dihasilkan dapat segera diedarkan tubuh sehingga tubuh tidak akan terasa lemas.

  2. Memiliki Kandungan Zat Besi Tinggi.

    Penyebab anemia salah satunya adalah karena kekurangan zat besi. Zat besi merupakan zat utama dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin inilah yang dapat berikatan dengan oksigen dan nutrisi untuk diedarkan dalam tubuh. Konsumsi kurma 3-5 butir sehari dapat membantu tubuh memenuhi asupan zat besi sehingga dapat sel sel darah merah dapat diproduksi lebih banyak.

  3. Penting Untuk Kesehatan Tulang dan Sumsum Tulang.

    Selain kaya akan zat besi, kurma juga kaya mineral lain seperti kalium, kalsium, dan fosfor. Mineral mineral ini sangat baik untuk kesehatan tulang dan sumsum tulang manusia. Sel darah merah diproduksi pada sumsum tulang, khususnya pada sumsum tulang merah di tulang pipa. Dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tulang dan sumsum, maka produksi sel darah merah tdak akan terganggu.

  4. Mencegah Anemia Pada Ibu Hamil.

    Ibu hamil dan menyusui cenderung mengalami gejala anemia. Wajar saja karena nutrisi yang diserap tubuh juga digunakan untuk perkembangan janin. Kurma membantu mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil dengan menyediakan energi yang tinggi dan merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh ibu hamil. Akibatnya tubuh si ibu tidak akan kekurangan zat zat nutrisi juga. Perlu diperhatikan bahwa konsumsi kurma per hari tidak boleh terlalu banyak. Hiperglikemia dan diabetes adalah resiko yang harus dihadapi apabila mengonsumsi kurma berlebih setiap hari.

Demikianlah Alasan Mengapa Kurma Baik Untuk Penderita Anemia yang bisa saya sampaikan. Asupan beberapa biji buah kurma setiap hari dapat membantu mengatasi penyakit anemia. Semoga bermanfaat dan berhasil membantu menyelesaikan masalah penyakit anemia Anda.

Baca juga artikel:

 

Sari Kurma Az-Zahra Platinum

Manfaat Sari Kurma Az Zahra PLATINUM :

  • Makanan dan minuman terbaik untuk ibu hamil dan pasca melahirkan untuk menstabilkan kembali darah dan nutrisi yang sempurna untuk bayi melalui ASI ibu yang mengkonsumsi kurma.
  • Meningkatkan trombosit dalam darah dan mengatasi DBD.
  • Membantu pertumbuhan tulang.
  • Mengobati anemia, lesu dan letih.
  • Memperlancar saluran kencing
  • Menambah berat badan anak.
  • Meningkatkan vitalitas.
  • Baik bagi balita dan pertumbuhan anak.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo