Khasiat Kurma Muda Untuk Ibu Hamil

Image result for kurma muda

Khasiat Kurma Muda Untuk Ibu Hamil

Walaupun bukan berasal dari negeri ini, tetapi buah kurma sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Selain populer, buah kurma juga memiliki manfaat yang super bagi kesehatan. Terdapat setidaknya tiga jenis kurma yang memiliki manfaat besar jika dimakan. Jenis kurma tersebut yaitu kurma ukuran penuh, kurma matang yang memiliki tekstur lembut, dan kurma muda.

Untuk kali ini, yang akan saya bahas adalah khasiat dari kurma muda khususnya bagi ibu hamil. Kurma muda mempunyai nama latin Phoenix dactylifera. Kurma muda atau yang sering disebut dengan ‘kurma ruthob’, merupakan jenis kurma yang bisa dikatakan masih setengah matang, tapi kurma muda ini tetap merupakan kurma yang fresh.

Kandungan Buah Kurma Muda

Buah Kurma Muda mempunyai kandungan gula, yang manfaatnya agar memberikan tenaga bagi tubuh dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari. Kandungan vitamin dan mineral mendominasi menjadi nutrisi utama buah kurma, selain juga serat. Untuk kandungan lainnya yaitu protein, gula, minyak, zat besi, asam nicotenic, mineral tembaga, kalsium, belerang dan klorida.

Buah Kurma Muda juga terdapat zat hormon biostin yang berfungsi sebagai penggerak dari peristaltic di dalam jaringan darah dan rahim. Karena manfaatnya ini, banyak yang menyarankan agar mengkonsumsi buah kurma muda agar dapat mencegah resiko pendarahan pada rahim wanita hamil. Khusus untuk kandungan vitamin, di dalam buah kurma muda kering terdapat kandungan vitamin A, C dan K.

Khasiat Kurma Muda Bagi Ibu Hamil

Kurma muda diyakini punya manfaat besar bagi pasangan suami istri, karena tentunya mereka ingin memiliki calon bayi di dalam keluarga. Kurma muda berwarna merah memiliki manfaat besar dalam meningkatkan kesuburan dan juga mengoptimalkan vitalitas tubuh seorang pria. Yuk, ketahui lebih lanjut tentang berbagai khasiat kurma muda untuk ibu hamil!

  • Mencegah Anemia.

    Wanita hamil lebih rentan mengalami anemia karena adanya peningkatan kebutuhan zat besi seiring pertumbuhan janin.Gejalanya bisa terlihat dari wajah yang pucat, tubuh yang lemas, serta sering merasa pusing atau sakit kepala. Untuk mencegahnya, ibu hamil bisa memperbanyak konsumsi kurma muda, karena buah ini merupakan sumber asupan zat besi dan asam folat yang penting dan dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah.

  • Mencegah Kelainan Pada Janin.

    Asam folat yang terkandung dalam kurma muda pun baik untuk perkembangan otak janin serta mencegah bayi lahir dengan kelainan. Asam folat juga penting untuk mengurangi risiko preeklampsia di masa kehamilan atau kondisi tekanan darah tinggi yang bisa memengaruhi kesehatan ibu dan janin dalam kandungannya.

  • Melancarkan Pencernaan.

    Ibu hamil juga sering mengalami sembelit yang dikarenakan peningkatan hormon progesteron yang berdampak pada melambatnya gerak usus ibu hamil, sehingga pencernaan jadi terganggu. Nah, untuk mengatasi keluhan ini, cobalah untuk rajin mengonsumsi buah kurma muda karena kandungannya kaya akan serat sehingga mampu membantu melancarkan pencernaan.

  • Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh.

    Kurma muda juga kaya akan potasium. Ibu hamil yang kekurangan potasium biasanya mengalami edema atau pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, seperti pada bagian tangan atau pergelangan kaki yang disebabkan ketidakseimbangan akumulasi cairan di dalam jaringan tubuh. Kekurangan potasium juga bisa menyebabkan ibu hamil mudah merasa lelah dan sering mengalami kram otot.

  • Melancarkan Kelahiran.

    Kandungan di dalam kurma muda merangsang produksi hormon bitosin di dalam tubuh. Hormon ini memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah terjadinya pendarahan, hal ini harus diperhatikan baik-baik oleh ibu hamil.

Itulah beberapa manfaat kurma muda yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Selain pada masa kehamilan, kurma muda juga baik untuk dikonsumsi saat menyusui karena kandungannya dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo