Mengapa Kurma Menjadi Primadona Saat Bulan Puasa

Image result for kurma

Palm fruit atau Kurma adalah buah yang berasal dari pohon palem yang ditemukan di wilayah Mediterania. Buah asal Timur Tengah ini pun menjadi makanan khas saat bulan Ramadan. 

Kurma adalah buah favorit saat berbuka atau sahur. Buah asal Arab Saudi itu biasa digunakan sebagai takjil buka puasa. Di masjid-masjid, tiga kurma biasa dimasukkan ke dalam plastik, disertakan satuu kudapan lainnya untuk mengembalikan energi yang hampir habis setelah seharian puasa. Di minimarket ataupun supermarket, kurma diletakkan di bagian paling depan dengan berbagai varian.

Sedangkan, di hari-hari biasanya, kurma hampir tak pernah tampak. Kecuali di lokasi-lokasi tertentu dengan jumlah terbatas. Lalu, sebenarnya kenapa sih kurma tampaknya hanya terkenal saat bulan puasa saja? Ini karena kurma memiliki  manfaat kandungan seperti vitamin, zat besi dan juga kalsium. Kandungan itu sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa.

Sejarah Kurma

Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman selanjutnya, orang Arab menyebarkanluaskan kurma di sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Sepanyol dan Italia. Kurma diperkenalkan di mexico dan California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada tahun 1765.

Alasan Kurma Menjadi Primadona Bulan Ramadhan

  1. Kurma mempunyai banyak khasiat dan manfaat yang cocok bagi orang yang sedang berpuasa.

    Buah kurma ini kaya akan serat yang bisa mencegah sembelit saat berpuasa, dapat membunuh bakteri, mengurangi tingkat kolestrol serta merangsang enzim pencernaan di dalam perut.

  2. Di bulan ramadhan, jumlah impor kurma meningkat tajam.

    Pemerintah Indonesia selalu meningkatkan jumlah impor kurma dari negara-negara Timur Tengah. Kenaikannya mencapai empat kali lipat dibanding bulan-bulan lainnya.

  3. Pasokan komoditas kurma di Indonesia tk mencukupi kebutuhan ramadhan.

    Meski tak memiliki letak geografis seperti negara-negara di Timur Tengah, Indonesia juga memiliki komoditas kurma. Hanya saja, pasokannya tak mencukupi kebutuhan selama bulan Ramadan, karena permintaan sangat tinggi dan terus meningkat. Pohon kurma berhasil tumbuh di wilayah Nusa Tenggara Timur.

  4. Kurma adalah buah yang di anjurkan oleh Nabi Muhammad sebagai makanan yang sangat baik untuk berbuka puasa atau sahur.

    Salah satu Hadist Riwayat menyebutkan tentang Nabi Muhammad yang menganjurkan para pengikutnya untuk mengkonsumsi buah kurma, terutama saat bulan puasa. Sebab, kurma bisa menambah energi yang dibutuhkan untuk berpuasa ataupun mengembalikan energi yang hilang setelah berpuasa.

  5. Selain manfaat yang banyak, kurma sangat enak dan dapat dikombinasikan dengan menu buka puasa.

    Karena rasanya yang enak dan manis, kurma dijadikan olahan lain, selain hanya dijadikan takjil. Misalnya seperti brownies kurma, kue lapis kurma, jus kurma, dam sebagainya.

Dengan berbagai keunggulan dan keistimewaan buah kurma, nggak heran kalau kurma menjadi sangat terkenal khususnya di bulan Ramadhan. Alasan-alasan di ataslah yang membuktikan jika buah kurma adalah primadonanya saat bulan ramadhan.

 

Pusat Kurma Terbesar Istana Herbal Solo

Pusat Kurma Terbesar Istana Herbal Solo adalah pusat jual kurma yang terbesar, terlengkap, dan murah di daerah soloraya. Istana Herbal Solo menjual berbagai jenis kurma dengan kualitas terbaik dan harga yang terbaik pula.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo