Manfaat Lamtoro (Petai Cina) Untuk Kesehatan Part 2

Lamtoro, tumbuhan yang berasal dari Amerika Tropis ini sudah ratusan tahun masuk ke Indonesia bahkan di Malaysia pun tanaman ini disebut dengan Petai Jawa. Tumbuhan ini dikenal pula dengan aneka sebutan yang lain seperti pĕlĕnding, peuteuy sélong (Sunda); kemlandingan, mètir, lamtoro dan lamtoro gung (lamtoro besar; untuk varietas yang bertubuh lebih besar) (Jawa); serta kalandhingan (Madura).

Rasa buah tanaman lamtoro ini agak pahit dan bersifat netral. Metode pengembangbiakan tanaman lamtoro ini terbilang cukup mudah, kita hanya perlu menyebarkan bijinya saja. Cara merawatnyapun relatif mudah. Pastikan tanaman ini mendapatkan pasokan air yang cukup, dan jaga kelembaban tanahnya serta berilah pupuk organik agar pertumbuhannya berlangsung baik.

Jika pada sebelumnya kita telah membahas manfaat lamtoro untuk kesehatan, kali ini saya akan melanjutkan manfaat lainnya dari lamtoro atau petai cina ini untuk kesehatan tubuh kita. Banyaknya kandungan kimia dan nutrisi dalam biji dan daun lamtoro ini yang menunjukkan bahwa lamtoro juga memiliki banyak manfaat di dalamnya.

Manfaat lamtoro (Petai Cina) Lainnya

Berikut beberapa manfaat dari lamtoro yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh kita, diantaranya.

  1. Mengobati Disentri.

    Mungkin tidak sedikit orang yang kurang menggemari buah petai cina ini, tapi siapa yang mengira ternyata petai cina ini sangat berkhasiat untuk kesehatan kita. Bukan hanya kulit manggis saja yang memiliki fungsi sebagaiobat tradisional penyakit disentri, ternyata petai cina ini juga berkhasiat untuk mengobati penyakit disentri. Caranya : Rebus 15 gram biji lamtoro, 30 gram krokot dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Kemudian setelah dingin saring dan minum airnya sehari dua gelas (pagi segelas dan sore hari segelas).

  2. Mengobati Herpes.

    Untuk mengobati penyakit herpes dengan menggunakan 30 gram daun lamtoro ditambah 1 siung bawang putih ditumbuk halus kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit.

  3. Menghaluskan Kulit.

    Petai cina ini ternyata tidak hanya berfungsi untuk mengobati berbagai macam penyakit atau untuk menjaga kesehatan tubuh saja. Faktanya, lamtoro juga mampu memberikan manfaat sebagai penghalus kulit yang alami. Untuk mendapatkan kulit yang halus dengan menggunakan petai cina ini, ambillah 5 atau 6 daun petai cina. Kemudian remas-remas hingga keluar airnya. Setelah itu gosokkan pada seluruh badan pada saat anda mandi. Diamkan 1 menit dan bersihkan tubuh dengan air. Lakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Jika badan anda terasa gatal, jangan teruskan, sebab mungkin tidak cocok dengan jenis kulit anda.

  4. Mengatasi Bekas Tertusuk.

    Bahkan bila anda tertusuk kayu, bambu, dan lain-lain gunakan daun lamtoro yang muda secukupnya dihaluskan kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit. Untuk mengobati luka baru dan bengkak, gunakan daun lamtoro secukupnya dihaluskan kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang luka.

  5. Ramuan Sambung Tulang.

    Bahan yang dibutuhkan untuk ramuan adalah Daun petai cina, daun katuk, jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih.Cara mengolahnya hancurkan bahan-bahan tersebut dengan perbandingan 1:1 sampai benar-benar hancur. Tambahkan air secukupnya, rebus hingga airnya tinggal sedikit, jangan sampai kering. Cara memakainya yaitu gunakan sebagai param. Ramuan yang dibuat tadi dioleskan di tempat tulang yang patah lalu diikat dan diperban. Dan ramuan diganti 3 hari sekali.

Itulah informasi tentang manfaat lamtoro (petai cina) untuk kesehatan yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba sendiri dirumah.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo