Manfaat Lamtoro Untuk Kesehatan

Image result for lamtoro

Lamtoro atau dikenal dengan istilah petai cina ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat jawa sebagai botok dan urap-urapan. Lamtoro atau petai cina adalah tanaman perdu yang tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dengan nama latin Leucaena leucocephala L.  tumbuhan ini di duga berasal dari Amerika dan tumbuhan ini bisa tumbuh di daerah tropis.

Manfaat lamtoro memang sudah tidak asing lagi. Manfaat petai cina bagi kesehatan tidak dapat dianggap sepele. Sekilas, biji tanaman yang sering dimakan sebagai lalapan mentah bersama nasi pecel ini memang kurang berarti. Namun, jika anda mengetahui betapa banyak nutrisi di dalamnya maka dapat dimaklumi khasiat dan manfaatnya bagi tubuh kita. 

Manfaat lainnya dari tumbuhan ini adalah sebagai pohon penghijau yaitu untuk menjaga erosi tanah agar tidak terjadi banjir dan tanah longsor. Tumbuhan ini banyak ditanam di pinggir latar rumah sebagai pohon teduh dan di ambil kayunya untuk dijadikan kayu bakar bagi masyarakat desa.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Lamtoro memiliki rasa agak pahit dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daun lamtoro, di antaranya protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, serta vitamin (A, B1, dan C). Sementara itu, bijinya mengandung, mimosin, leukanin, protein, dan leukanol.

Efek farmakologis lamtoro di antaranya peluruh kencing (diuretik), obat cacing, susah tidur karena gelisah, luka terpukul, patah tulang, abses paru, dan bisul. Bijinya untuk mengobati cacingan, bengkak (oedem), radang ginjal, dan kencing manis. Sementara itu, akar digunakan sebagai peluruh haid.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Biji dan seluruh bagian tumbuhan lamtoro dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  • Mengobati Abses Paru, Bisul, Luka Terpukul, Patah tulang, dan Susah Tidur karena gelisah.

    Rebus 10gr seluruh bagian tumbuhan lamtoro dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum sekaligus satu kali sehari saat hangat.

  • Mengobati Cacingan, Bengkak (oedem), dan Radang Ginjal.

    Rebus atau seduh 3-5gr serbuk biji lamtoro kering dengan 1 cangkir air panas, lalu minum air rebusannya atau seduhannya. Lakukan pengobatan 3 kali sehari dengan dosis sama.

  • Mengobati Kencing Manis.

    Seduh 1 sendok teh bubuk biji lamtoro dengan setengah cangkir air panas. Minum hasil seduhan saat masih hangat, setengah jam sebelum makan sebanyak 2-3 kali sehari.

  • Meningkatkan Gairah Seks.

    Kocok 1 sendok bubuk biji lamtoro, 1 sendok bubuk lada hitam, 2 butir kuning telur ayam kampung mentah, dan 1 sendok madu sampai rata. Minum campuran tersebut sekaligus satu kali sehari.

  • Meluruhkan Haid.

    Rebus segenggam akar lamtoro dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Catatan : sebelum digunakan, biji dikeringkan dan ditumbuk menjadi serbuk untuk disimpan.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo