Apa Saja Manfaat Dari Tumbuhan Landep?

Image result for manfaat tumbuhan landep

Landep (Nama latin : Barleria Cristata) adalah sejenis tumbuhan yang berasal dari Asia Tropik dan Afrika Selatan. Tanaman ini bisa tumbuh di daerah yang kering dan bertahan meski kekurangan air. Pohon perdu, batang berkayu segi empat dengan dihiasi duri.  Daun melancip warna hijau dengan buah kotak, oval dan pipih berwarna cokelat.

Tanaman landep dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Tumbuhan pagar yang juga memiliki bunga cukup indah ini dipercantik dengan warna bunga dan adanya duri sebagai pelindung. Kandungan senyawa yang ada dalam tumbuhan perdu ini yang menjadikan tumbuhan ini berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Landep memiliki rasa pahit dan sedikit berbau. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daun landep, di antaranya saponin, tanin, garam kalium, dan silikat. Selain itu, akarnya juga mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol. Efek farmakologis lampes di antaranya pereda demam (antipiretik), peluruh kencing (diuretik), peluruh dahak, dan tonik. Akar lampes berfungsi sebagai pereda demam (antipiretik) dan kulit kayunya untuk peluruh dahak dan peluruh keringat (diaforetik). daun lampes digunakan untuk mengobati rematik, sakit pinggang, demam, sakit perut, perut busung air, kencing kurang lancar, kudis, gusi nyeri, dan beser mani (spermatorea). sementara itu, akarnya untuk mengobati cacingan.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun dan akar landep dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  1. Mengatasi Gusi Nyeri dan Berdarah.

    Giling halus daun landep segar lalu peras, tambahkan sedikit madu. Gunakan campuran ini untuk memoles gusi yang sakit.

  2. Mengobati Kencing Sedikit, Demam, dan Sakit Perut.

    Cuci bersih 1 genggam daun landep segar, lalu seduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin, saring air seduhan, llau minum sekaligus satu kali sehari.

  3. Mengobati Kurap.

    Tumbuk akar landep secukupnya, lalu tempelkan pada bagian tubuh yang terkena kurap. Lakukan sebanyak 3 kali sehari.

  4. Mengobati Luka.

    Cuci bersih 15gr akar landep, lalu tambahkan 1/4 sendok teh kapur sirih dan tumbuk sampai lumat. Tempelkan hasil tumbukan pada luka.

  5. Mencegah Kerusakan Gigi.

    Rebus daun landep lalu gunakan untuk berkumur.

  6. Mengobati Rematik dan Encok.

    Rebus 2-5gr daun landep kering dengan 4 gelas air, lalu minum seperti minum teh. Cara lainnya, giling halus 1 genggam daun landep segar dan tambahkan air kapur sirih secukupnya. Aduk rata bahan tersebut sampai menjadi bubur kental, llau balurkan pada bagian tubuh yang sakit sebanyak 3 kali sehari.

  7. Mengobati Sakit Gigi.

    Kunyah 3-5 lembar daun landep dengan gigi yang sakit. Lakukan sebanyak 3 kali sehari.

Demikian teman-teman artikel mengenai tumbuhan landep dan pemanfaatannya. Semoga dapat menambah wawasan kita mengenai tumbuhan apotek hidup dan bisa tetap menjaga kesehatan tubuh kita.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo