Khasiat Tumbuhan Landik Untuk Kesehatan Tubuh

Image result for manfaat tumbuhan landik

Landik merupakan semak, tingginya 1 m, daunnya tunggal, berhadapan, rata, dan ujungnya runcing, pangkal meruncing tipis, tulang daun sejajar, tulang daun berwarna kuning atau orcinge,permukaan licin, tangkai daun pendek, pada pangkal tangkai daun terdapat sepasang duri yang kuat dan tajam berwarna merah ungu, warna hijau keunguan. Batang tegak, berkayu, warna hijau kecoklatan. Bunga majemuk, berkumpul dalam rangkaian bulir yang muncul dari ujung batang, warna ungu kekuningan atau kuning emas. Buah betbentuk bulat, warna hijau. Biji becbentuk bulat plpih, warna coklat kehitaman. Akar tunggang, warna purih kotor.

Tanaman ini berasal dari Madagaskar. Tanaman yang mempunyai nama latin Barleria lupulina Lindl. Ini tumbuh liar di hutan dan ladang, atau sebagai tanaman hias, tanarnan pagar. Tumbuh baik pada ketinggian sampai 100 m dpi. Cara pengembangbiakannya biasanya menggunakan stek. Pemeliharaan tanaman ini mudah, seperti tanaman lain dibutuhkan cukup air dengan penyiraman atau menjaga kelembaban tanah dan pemupukan terutama pupuk dasar.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Landik memiliki rasa pedas, pahit dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam batang dan akar landik, di antaranya polifenol, saponin, dan flavonoid. Sementara itu, daunnya mengandung polifenol. Efek farmakologis landik, di antaranya untuk melancarkan aliran meridian. Daun landik digunakan untuk mengobati gigitan ular berbisa dan anjing, bengkak terpukul atau terjatuh, bisul, luka berdarah, koreng dan rematik.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun landik dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  • Mengobati Bisul, Luka Berdarah, Koreng, dan Bengkak karena terpukul atau jatuh.

    Rebus 9gr daun landik dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusan dan minum 2 kai sehari masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati Digigit Ular Berbisa.

    Rebus 9gr daun landik dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus saat hangat. Untuk pemakaian luar, lumatkan daun landik, llau tempelkan pada bagian yang terkena gigitan.

  • Mengobati Rematik dan Encok.

    Cuci bersih 15gr daun landik segar, lalu tumbuk halus dan tambahkan 1/4 sendok teh kapur sirih. Aduk sampai menjadi adonan dan balurkan pada bagian tubuh yang sakit.

Catatan : wanita hamil dilarang minum ramuan ini.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo