Khasiat Larasetu Untuk Kesehatan dan Pemanfaatannya

Khasiat Daun Larasetu

Nama ilmiah larasetu adalah Vertiver zizanoides. Tumbuhan larasetu dewasa dapat tumbuh pada tanah yang mengandung garam. Meskipun telah mengalami kebakaran, terinjak-injak ataupun habis karena dimakan hewan, jenis rumput ini masih dapat tetap tumbuh.

Vetiveria zizanioides dapat tumbuh baik pada kondisi lingkungan sangat basah atau sangat kering. Rata-rata suhu maksimum yang mendukung pertumbuhannya adalah pada rentang 25°- 35°C; namun suhu absolut maksimumnya dapat mecapai 45°C. Vetiveria zizanioides tetap dapat tumbuh pada kondisi tanah tandus dan pada tipe tanah yang beragam. 

Larasetu (Vertiver zizanoides) mempunyai ciri-ciri Rumput menahun, tinggi dapat mencapai 1 meter. Batang lunak, beruas-ruas, berwarna putih. Daun tunggal, bentuk pita, ujung runcing. 

Pelepah memeluk batang, warna hijau keputih-putihan. Perbungaan bentuk bulir di ujung batang. Buah padi, berduri, berwarna putih kotor. Akar termasukakar serabut berwarna kuning. Bagian yang digunakan Akar dan minyak atsiri. 

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam larasetu, di antaranya saponin, flavonoid, tanin, dan minyak asiri. Efek farmakologis larasetu, di antaranya menyembuhkan rematik dan menolak serangga.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Akar dan daun larasetu dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Mengatasi Mulut Berbau Busuk, Nyeri Tulang, Demam, Penyakit Empedu, Setelah Bersalin.

    Tumbuk halus beberapa lembar daun larasetu, beberapa butir kapulaga, daun pegagan 1 genggam, peras, lalu minum sekaligus airnya sebelum makan.

  • Sebagai Pewangi.

    Simpan akar larasetu kering dalam lemari untuk pewangi pakaian. Akar larasetu disuling, lalu gunakan untuk pewangi parfum atau kosmetik.

  • Mengobati Rematik.

    Tumbuk 5gr akar larasetu segar, lalu oleskan pada bagian yang sakit sebagai obat gosok.

Demikian yang dapat saya sampaikan kali ini tentang khasiat tumbuhan larasetu dan pemanfaatannya untuk kesehatan yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit seperti di atas yang sudah dilengkapi dengan cara penggunaannya yang memudahkan kita untuk membuat obat tradisional ini semoga info yang saya jelaskan bermanfaat untuk kesehatan kita semua.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo