11 Khasiat Tumbuhan Legundi Untuk Kesehatan

Image result for manfaat tumbuhan legundi

Legundi (bahasa latin: vitex trifolia L.) merupakan salah satu tanaman yang tumbuh di daerah tropis dengan ukuran tumbuhan yang hanya 1 hingga 4 meter saja. pohon legundi sangat terkenal dalam dunia medis karena memiliki banyak kasiat bagi tubuh dan bisa mengobati berbagai jenis penyakit di dalam tubuh.

Tanaman legundi ini sangat cantik dan memiliki bunga bewarna ungu sehingga juga cocok bila digunakan sebagai tanaman hias. Bila rajin memangkas tanaman legundi akan tumbuh dengan lebih baik karena perutmbuhannya akan bercabang rapat dan lebih kekar. Untuk menanamnya bisa menggunakan sistem stek batang yang menggunakan batang yang tidak terlalu tua atau juga bisa menggunakan bijinya namun membutuhkan waktu yang lumayan lebih lama.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Legundi memiliki rasa pahit, pedas, dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam lagundi, di antaranya Camphene, L-a-pinene, silexicarpin, casticin, terpenyl acetate, luteolin-7-glucosideflavopurposid, vitrisin, dihidroksi, asam benzoat, dan vitamin A. bakan kimia akan masuk ke meridian lever, lambung, dan kandung kencing (vesica urinaria).

Efek farmakologis legundi, di antaranya sebagai obat influenza, demam, migren, sakit kepala (cephalgia), sakit gigi, sakit perut, diare, mata merah, rematik, beri-beri, batuk, luka terpukul, luka berdarah, muntah darah, eksim, haid tidak teratur, prolapses uteri, dan pembunuh serangga. Akar legundi mempunyai efek farmakologis mencegah kehamilan dan perawatan setelah bersalin. Bijinya untuk obat pereda, penyegar badan, dan perawatan rambut. Buah legundi digunakan untuk obat cacing dan peluruh haid. Sementara itu, daunnya untuk analgesik, antipiretik, obat luka, peluruh kencing, peluruh kentut, pereda kejang, menormalkan siklus haid, dan germicide (pembunuh kuman).

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Biji, daun, dan tangkai legundi dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  1. Mengobati Batuk Kering.

    Cuci bersih 1 genggam daun legundi, sepotong kencur, sepotong kunyit, dan gula batu secukupnya, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusan, lalu minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  2. Mengobati Batuk Rejan.

    Seduh 3/4 sendok teh serbuk daun legundi dengan 3/4 cangkir air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu, lalu minum saat masih hangat.

  3. Mengobati Beri-Beri.

    Cuci bersih 1 genggam daun legundi, lalu tumbuk sampai halus. Bungkus tumbukan daun legundi dengan daun pisang biji yang masih muda dan kukus selama 15 menit. Setelah dingin, gosokkan keseluruh tubuh 2 kali sehari.

  4. Mengobati Eksim, Sakit Tenggorokan, dan Muntah Darah.

    Rebus 1 genggam daun legundi muda dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  5. Mengobati Kurap.

    Tumbuk daun legundi secukupnya sampai halus, lalu letakkan pada bagian yang terserang kurap.

  6. Obat Cacing.

    Cuci bersih 3/5 genggam daun legundi, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 21/4 Setelah dingin, saring air rebusan, llau tambahkan gula secukupnya. Minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing 3.4 gelas.

  7. Obat Cacing Gelang.

    Seduh 1 sendok teh serbuk buah legundi dengan setengah cangkir air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu, aduk, lalu minum air seduhannya saat masih hangat dan boleh di ulang selama beberapa hari.

  8. Mengatasi panas Sehabis Melahirkan (Demam Nifas).

    Cuci bersih 1/4 genggam daun legundi, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 3/4 cangkir air dan garam secukupnya, peras, lalu saring air perasan daun legundi dan minum 2 kali sehari.

  9. Mengobati Sakit Kepala (Cephalgia).

    Tumbuk halus daun legundi dan daun jinten secukupnya, lalu gunakan untuk tapel. Cara lainnya, tumbuk halus biji legundi sampai menjadi serbuk. Untuk sakit ringan gunakan 5gr serbuk biji legundi, sedangkan untuk sakit keras gunakan 10-15gr. Seduhserbuk legundi dengan arak beras, lalu minum saat masih hangat 3 kali sehari.

  10. Mengobati TBC.

    Cuci bersih 3/5 genggam daun legundi, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 21/4 Setelah dingin, saring air rebusan, llau minum 3 kali masing-masing 3/4 gelas.

  11. Mengatasi Turun Peranakan (prolapsus uteri).

    Cuci bersih segenggam daun legundi dan 10gr temu ireng, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan air secukupnya, peras, lalu minum air perasan dengan 1 sendok makan madu setiap 2 hari sekali sampai sembuh.

Demikian beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan daun legundi sebagai obat berbagai penyakit. Obat herbal ini banyak dicari oleh orang karena keampuhannya dan sebagai salah satu cara untuk mengurangi konsumsi obat kimia yang memberikan berbagai efek samping pada tubuh. selamat mencoba!

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo