Lembayung

Khasiat di Balik Tanaman Lembayung

Lembayung adalah daun dari tanaman kacang panjang. Tekstur daun ini sedikit kasar dan keras. Masyarakat biasa memilih daun yang masih muda untuk dikonsumsi karena teksturnya lebih lembut untuk dikonsumsi. Lembayung dapat kita jumpai di pasar tradisional dengan harga murah. sayuran ini disukai masyarakat 

Meski sering dikonsumsi, ternyata masih banyak yang tidak tahu tentang manfaat lembayung bagi kesehatan. Tanaman ini mengandung fosfor, kalsium, karbohidrat, kalori, protein, vitamin A, vitamin B, dan zat besi. Nutrisi inilah yang mempunyai khasiat bagi tubuh. Berikut beberapa ulasan tentang berbagai manfaat tersebut:

  • Memperlancar produksi ASI bagi ibu menyusui

Mengonsumsi daun lembayung dapat meningkatkan produksi ASI karena mengandung saponin dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin. Daun lembayung dapat digunakan sebagai kompres pada payudara yang bengkak atau dikonsumsi langsung sebagai sayuran saat makan.

  • Mencegah penyakit anemia.

Zat besi yang terdapat pada lembayung bisa menambah produksi sel darah merah yang sangat dibutuhkan bagi penderita anemia.

  • Menguatkan tulang dan gigi

Fosfor dan kalsium membantu menguatkan tulang sehingga mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

  • Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A lembayung bermanfaat bagi kesehatan mata dan mencegah mata gatal, mata merah, berair, serta menjernihkan pandangan.

  • Mencegah kerontokan rambut

Campuran minyak kasturi dan daun lembayung yang dihaluskan dipercaya dapat mengatasi kerontokan rambut. Pijatkan lembut pada kepala dan tunggu selama 30 menit sebelum dibilas bersih agar sari daun lembayung meresap ke kulit kepala.

  • Meluruhkan air seni

Daun lembayung bisa dijadikan solusi bagi anda yang memiliki masalah terhadap buang air kecil. untuk meluruhkan air seni, anda daspat merebus lembayung dengan air sampai mendidih sekitar 30 menit. Saring dan minum airnya setelah dingin. Anda boleh menambahkan gula sesuai untuk mengurangi rasa tidak saat diminum.

  • Nutrisi bagi ibu hamil

Kandungan gizi pada lembayung membantu pembentukan sel syaraf dan otot pada bayi, mencerdaskan otak dan juga menjaga kesehatan kandungan.

  • Menambah stamina

Lembayung mengandung zat besi yang mencegah lemah, letih, lesu, dan juga wajah pucat.

  • Menjaga berat badan

Sayuran ini termasuk golongan yang rendah lemak. Sehingga cocok untuk menjaga berat badan tetap normal.

Selain itu, lembayung tua yang tidak dapat dikonsumsi dapat dijadikan bahan baku pembuatan pupuk kompos yang berguna untuk para petani. Caranya, daun lembayung dipotong kecil-kecil dan dicampurkan dengan tanah atau pupuk kandang yang sudah disiampan.

baca Selengkapnya