Kenali juga Manfaat Lempuyang Wangi Untuk Kesehatan Tubuh

Image result for manfaat tumbuhan lempuyang wangi

Lempuyang wangi (Zingiber aromaticum Val.) mungkin Anda mengenal tanaman herba ini sebagai rimpang yang memiliki rasa yang sangat pahit. Namun, di balik rasa pahitnya itu, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari rimpang ini.

Tanaman ini termasuk familia zingiberaceae.  Termasuk tanaman rempah juga biasanya masyarakat zaman dahulu sering digunakan campuran jamu, atau biasa juga untuk makanan botok, khas orang jawa lebih biasa untuk hajatan bayi.

Sebelum melangkah ke manfaat lempuyang wangi, sebaiknya kita mengenali kandungan apa saja yang ada di dalam lempuyang wangi tersebut sehingga bisa memberikan banyak manfaat, khususnya di bidang kesehatan.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Lempuyang wangi memiliki rasa pahit, pedas, dan bersifat aromatik. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam lempuyang wangi, di antaranya minyak airi seperti limonen dan zerumben. Efek farmakologis lempuyang wangi, di anataranya untuk antikejang dan penghilang rasa sakit (analgesik), asma, bengkak pada kaki setelah melahirkan, cacingan, kolera, kurang darah (anemia), influenza, malaria, masuk angin, muntah-muntah, penambah nafsu makan (stomachica), nyeri perut, reumatik, radang lambung (gastritis), sesak napas, sembelit (constipatio), TBC, urat saraf lemah, wasir, serta obat gosok untuk penghangat badan.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

rimpang lempuyang wangi dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  • Mengobati Ambeien (haimorrhoides).

    Cuci bersih 9gr umbi lempuyang wangi lalu parut dan campur dengan 20gr lidah buaya (aloe vera) yang telah dikupas kulitnya. Tambahkan 100ml air matang hangat dan garam secukupnya. Aduk rata, peras, dan minum airnya 2 kali sehari.

  • Mengobati Influenza.

    Cuci bersih 5gr umbi lempuyang wangi, 3 buah cabe jawa (Piper retrofractum), dan 5gr jahe, lalu tumbuk sampai halus. Rebus hasil tumbukan dengan 600ml air sampai tersisa 300ml. Saring dan minum airnya sekaligus satu kali sehari saat hangat.

  • Mengobati Encok.

    Cuci bersih 5gr umbi lempuyang wangi, 4 buah cabe rawit (Capsicum frutescens), dan 10 butir lada, lalu tumbuk sampai halus. Seduh dengan 150ml air panas, saring dan minum airnnya sekaligus saat hangat.

  • Mengobati Kaki Bengkak Habis Melahirkan.

    Cuci bersih 10gr umbi lempuyang wangi dan 5 buah cabe rawit, lalu tumbuk sampai halus. Seduh dengan 1 gelas air panas, saring, lalu minum airnya sekaligus satu kali sehari.

  • Mengatasi Kurang Darah (anemia).

    Cuci bersih 5gr umbi lempuyang wangi, 10gr kunyit (Curcuma domestica), 30gr daun pepaya (Carica papaya L.), 30gr meniran (Phyllanthus urinaria L.), 30gr daun bayam duri (Amaranthus spinosus L.), dan 10gr poko (menta). rebus bahan tersebut dengan 800ml air sampai tersisa 400ml. Saring air rebusannya, lalu minum 3 kali sehari secara rutin.

  • Mengobati Malaria.

    Cuci bersih 10gr umbi lempuyang wangi dan 4 kuntum putik mengkudu (Morinda citrifolia), lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 200ml jus buah nanas dan garam secukupnya. Saring dan minum airnnya sebanyak 100ml 2 kali seminggu.

  • Menambah Nafsu Makan (stomachica).

    Cuci bersih 10gr umbi lempuyang wangi, lalu parut. Tambahkan 200ml air panas dan garam secukupnya. Saring dan minum airnnya sekaligus satu kali sehari.

Banyak bukan manfaat dari lempuyang wangi ini? Rasanya yang amat pahit tentu sudah sesuai dengan manfaat yang diberikan. Demikian artikel yang mengulas manfaat dari lempuyang wangi ini, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

Baca juga artikel terkait dengan " Kenali juga Manfaat Lempuyang Wangi Untuk Kesehatan Tubuh"

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo