Lempuyang Gajah - Berkhasiat dan Bermanfaat Untuk Kesehatan

Related image

Lempuyang gajah banyak yang tumbuh liar di hutan dataran dengan ketinggian 1200 m dpl. Di pulau Jawa sering ditanam dipekarangan dan tempat-tempat lain yang basah, tapi pada umumnya tumbuh liar. Secara umum, lempuyang gajah dikategorikan sebagai tanaman herba rendah sampai tinggi, perennial, batang asli berupa rimpang di bawah tanah dan memiliki tinggi yang lebih dari 1 meter.

Lempuyang gajah (Zingiber zerumbet Smith) mempunyai batang semu berupa kumpulan pelepah daun yang berseling di atas tanah. Beberapa batang berkoloni, berwarna hijau, rimpang merayap berdaging gemuk dan aromatik. Lempuyang gajah memiliki bunga dengan susunan majemuk bulir dan bentuk bola atau memanjang, muncul di atas tanah, tegak, berambut halus, ramping tebal.

Lempuyang gajah mempunyai bulat telur terbaik dan berwarna merah dengan ukuran 12 x 8 mm. Serta, memiliki biji bulat yang memanjang bola, dengan ukuran rata-rata 4 mm. Tanaman ini memiliki waktu tertentu untuk berbunga. Masa berbunga adalah Januari-April.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Lempuyang gajah memiliki rasa pedas, tajam, dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam lempuyang gajah di antaranya minyak asiri. Efek farmakologis lempuyang gajah, di antaranya antiradang (anti-inflamasi) dan penambah nafsu makan (stomachica). Biji lempuyang gajah mempunyai efek farmakologis mengobati nyeri perut, cacingan (gelang, kremi), disentri, lemah usus dan lambung, batu ginjal (nephhorolithiasis), ambeien (hemorroides), sesak napas, dan borok. Rimpang lempuyang gajah digunakan untuk mengobati kejang pada anak, sakit perut, diare, disentri, gangguan empedu, kencing batu, radang ginjal (nephritis), radang usus (enteritis), radang lambung (gastritis), sembelit, menambah nafsu makan (stomachica), menyegarkan badan, kurang darah (anemia), meningkatkan stamina, rematik, borok, penyakit kulit, dan bisul (furunculus).

Bagian Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Image result for manfaat tumbuhan lempuyang gajah

Daun, biji, batang, dan akar lempuyang gajah dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  • Mengobati Bisul (furunculus).

    Cuci bersih 10gr rimpang lempuyang gajah, parut lalu saring airnnya. Minum air saringan dan tempelkan ampasnya pada bisul.

  • Mengobati Kencing Batu.

    Rebus 10gr rimpang lempuyang gajah, 20gr daun kumis kucing, 5gr temulawak, 5gr daun keji beling, dan 5gr meniran segar dengan 600ml air sampai tersisa 300ml. Saring air rebusan lalu minum saat masih hangat 2 kali sehari masing-masing sebanyak 150ml.

  • Menambah Nafsu Makan.

    Rebus 10gr rimpang lempuyang gajah, 3 butir kapulaga, 10gr jahe, 10gr rimpang temulawak dengan 600ml air sampai tersisa 300ml. Saring air rebusan, llau minum 2 kali sehari masing-masing sebanyak 150ml.

  • Meningkatkan Stamina.

    Parut 25gr rimpang lempuyang gajah dan tambahkan gula merah secukupnya. Rebus bahan tersebut dengan 600ml air sampai tersisa 300ml. Saring air rebusan, lalu minum saat masih hangat.

  • Mengobati Sakit Empedu dan Kejang pada Anak.

    Haluskan rimpang lempuyang gajah dan 30gr krokot (Portulaca oleracea L.), lalu rebus dengan 300ml air sampai mendidih. Saring air rebusan, lalu minum sekaligus 1 kali sehari saat masih hangat.

  • Mengobati Sakit Perut dan Diare.

    Haluskan 15-25gr rimpang lempuyang gajah, lalu rebus dengan 400ml air sampai tersisa 200ml. Saring air rebusan, lalu minum sekaligus satu kali sehari saat masih hangat.

Demikian informasik mengenal lempuyang gajah serta manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Lempuyang gajah memiliki manfaat yang tidak kalah hebatnya dengan lempuyang emprit. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk yang membaca.

Salam Sehat

 

Baca juga artikel terkait dengan " Lempuyang Gajah - Berkhasiat dan Bermanfaat Untuk Kesehatan"

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo