Mengenal Manfaat Besar Lempuyang Emprit Untuk Kesehatan

Image result for manfaat tumbuhan lempuyang emprit

Lempuyang emprit (Zingiber amaricans) atau lempuyang pahit telah lama diketahui oleh nenek moyang kita sebagai bahan obat tadisional. Tanaman yang banyak tumbuh pada ketinggian 1 hingga 1200 mdpl ini biasa hidup sebagai tumbuhan liar. Lempuyang jenis ini memiliki manfaat sebagai obat untuk menurunkan suhu ketika menderita demam. Karena lempuyang jenis ini memiliki kandungan senyawa sekulterpenketun atau minyak asiri yang dapat menurunkan suhu badan. Selain itu, lempuyang ini juga dapat digunakan untuk menambah nafsu makan. Pada umumnya bagian yang digunakan adalah rimoang yang berwarna putih kekuing-kuningan dan mempunyai rasa pahit.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Lempuyang emprit memiliki rasa pahit, pedas, dan berbau tidak tajam. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam lempuyang emprit, di antaranya minyak asiri seperti limonan dan zerumbon. Efek farmakologis lempuyang emprit, di antaranya menambah nafsu makan (stomachics), mengembalikan kondisi tubuh setelah melahirkan, alergi akibat makan udang serta ikan laut, bengkak-bengkak di tubuh, borok, batuk rejan (pertussis), cacingan, darah kotor, disentri, gatal-gatal akibat alergi, influenza, kolera, nyeri di lambung diikuti kejang, lambung lemah,rematik, dan migren.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Image result for manfaat tumbuhan lempuyang emprit

Rimpang lempuyang emprit dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  1. Mengobati Alergi Udang atau Ikan Laut.

    Cuci bersih 10gr lempuyang emprit, lalu iris tipis-tipis. Seduh irisan lempuyang emprit dengan 1 gelas air panas (mendidih). minum air seduhannya sekaligus satu kali sehari saat masih hangat seperti meminum teh.

  2. Mengobati Badan Bengkak-Bengkak.

    Tumbuk halus rimpang lempuyang emprit dan tambahkan minyak kelapa (Cocos nucifera L.). tempelkan hasil tumbukan seperti tapel, lalu balurkan pada bagian yang sakit.

  3. Mengobati Batuk Rejan (pertussis).

    Tumbuk hingga halus 10gr lempuyang emprit, 5gr kayu manis (Cinnamomum burmani (Nees) BL.) dan 3 siung bawang merah (Allium cepa L.) yang sudah dipanggang. Seduh bahan tersebut dengan satu gelas air panas, saring, lalu minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  4. Mengobati Influenza.

    Tumbuk halus 10gr lempuyang emprit, 2 jari kulit kina (Chinchona sp.), dan 20 butir biji pepaya (Carica papaya L.). tambahakan 400ml air matang dan 2 sendok makan perasan jeruk nipis (Citrus aurantifolia S.). Saring campuran tersebut, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 200ml.

  5. Mengobati Kolera.

    Rebus 10gr lempuyang emprit dan 2 butir cabe jawa (Piper retrofractum Vah. L.) dengan 600 ml air sampai tersisa 300ml. Setelah dingin, saring hasil rebusan, llau minum 2 kali sehari masing-masing 150ml.

  6. Memulihkan kondisi badan setelah melahirkan.

    Keringkan rimpang lempuyang emprit, lalu haluskan hingga menjadi bubuk. Tambahkan air secukupnya, aduk, lalu jadikan tapel. Tempelkan tapel pada bagian tubuh (perut) wanita yang baru melahirkan.

  7. Menambah Nafsu Makan.

    Rebus 25 gr lempuyang emprit yang sudah diparut dan gula merah secukupnya dengan 500ml air sampai tersisa 200ml. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu minum 3 kali sehari masing-masing 1 sendok makan.

  8. Mengobati Rematik.

    Tumbuk halus rimpang lempuyang emprit, tambahkan minyak kelapa (Cocos nuciferaL.). tempelkan hasil tumbukan seperti tapel, lalu balurkan pada bagian tubuh yang sakit.

Demikianlah pengenalan tentang tanaman obat lempuyang emprit. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan tentang tanaman obat di sekitar kita.

Salam Sehat

 

Baca juga artikel terkait dengan " Mengenal Manfaat Besar Lempuyang Emprit Untuk Kesehatan"

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo