Manfaat Lenglengan dan Pemanfataannya

Image result for lenglengan

Lenglengan termasuk dalam familia Labiatae (Lamiaceae) sedangkan nama ilmiahnya adalah Indigofera tinctora L. tanaman lenglengan memiliki nama yang berbeda-beda tiap daerah yaitu Jawa : paci-paci (Sunda), daun setan, lenglengan, ingko-lingkoan, nlenglengan, plengan (Jawa), sarap nornor (Madura). Maluku : gofu hairan (Ternate), larangan (Tidore).

Tanaman ini tumbuh liar di tanah kering sepanjang tepi jalan, tenah telantar, dan kadang ditanam di pekarang sebagai tanaman obat. Tanaman ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai ketinggian kurang dari 1500 m di atas permukaan air laut. Lenglengan merupakan terna semusim, tumbuh tegak dengan tinggi 20-60 cm. Batangnya berkayu, berbuku-buku, berbentuk segi empat, bercabang, berambut halus, dan berwarna hijau.

Daunnya berupa daun tunggal yang terletak berhadapan, dan bertangkai. Helaian daunnya berbentuk lanset dengan ujung dan pangkal daun runcing, serta bertepi daun bergerigi. Panjang daun 1,5 – 10 cm dan lebarnya 2 – 10 mm dengan warna daun hijau muda.

Bunganya kecil-kecil, berwarna putih serta berbentuk lidah yang tumbuh tersusun dalam karangan semu yang padat. Buahnya berupa buah batu dan berwarna coklat. Bijinya bulat, kecil, dan berwarna hitam.

Khasiat lenglengan mungkin belum umum dan bahkan masih sedikit orang yang tahu. Padahal jika dipelajari lebih lanjut, tanaman yang tumbuhnya bisa di dapat dengan mudah ini mempunyai manfaat cukup besar bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Lenglengan memiliki rasa pahit, pedas, dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam akar lenglengan, di antaranya saponin, flavonoid, dan tanin. Selain itu, daun lenglengan mengandung saponin, flavonoid, tanin, dan minyak asiri. Efek farmakologis lenglengan, di antaranya mengobati sukar tidur, gelisah, sakit kepala, influenza, batuk, batuk rejan, difteri, jantung berdebar, tidak datang haid, pencernaan terganggu, cacingan, kencing manis (diabetes militus), kejang dan ayan (epilepsi).

Bagian yang Digunakan dan Efek Farmakologis

Lenglengan dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut :

  • Mengobati Batuk Rejan.

    Cuci bersih 1 batang berikut akar tumbuhan lenglengan, llau rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, saring air hasil rebusan dan tambahkan gula seperlunya. Minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati Cacing Kremi.

    Cuci bersih 3/5genggam daun lenglengan segar, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan dan tambahkan madu secukupnya. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing 3/4 gelas. 

  • Mengobati Difteri.

    Cuci bersih setengha genggam daun dan bunga lenglengan segar, 1/3genggam daun jinten, 1 jari asam trengguli, 1 sendok teh adas, dan 3/4 jari pulosari. Potong-potong bahan seperlunya, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu gunakan untuk berkumur dalam mulut dan tenggorokan selama 2-3 menit.

  • Mengobati Epilepsi.

    Cuci bersih 3/4 genggam daun lenglengan segar,lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan dan tambahkan gula secukupnya. Minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Mengatasi Jantung Berdebar.

    Cuci bersih 3 genggam daun lenglengan segar, lalu rebus dengan 15 liter air sampai mendidih, sekitar15 menit. Gunakan air rebusan untuk mandi berendam saat masih hangat sebanyak 2 kali sehari.

  • Mengatasi kejang Panas pada Anak.

    Cuci bersih 1 genggam daun lenglengan segar, lalu giling halus. Tambahkan air garam secukupnya, lalu aduk campuan sampai menjadi bubur. Gunakan bubur tersebut untuk menggosok dan melamur tubuh anak yang sedang kejang.

  • Mengobati Luka, Koreng, dan Kudis.

    Cuci bersih 1 batang sekaligus daun lenglengan segar, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih, sekitar 15 menit. Gunakan air rebusan untuk mencuci luka, koreng, atau kudis.

  • Mengobati Sakit Kepala dan Gelisah.

    Cuci bersih 1 genggam daun lenglengan segar, giling halus, lalu tambahkan 1 cangkir air bersih. Basahi handuk kecil dengan menggunakan air daun lenglengan tersebut untuk mengompres kepala 3 kali sehari.

  • Mengatasi Sukar Tidur.

    Cuci bersih 15gr daun lenglengan segar, lalu rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring air rebusan, lalu bagi menjadi 2 bagian untuk diminum pagi dan sore hari.

  • Mengatasi Sukar Tidur dan Rasa Gelisah (untuk isi bantal).

    Masukkan daun lenglengan kering ke dalam bantal. Gunakan bantal daun lenglengan untuk tidur seperti menggunakan bantal biasa.

Itulah beberapa manfaat tumbuhan lenglengan dan pemanfaatannya untuk kesehatan. Artikel di atas akan menambah kamus tentang tanaman apotik hidup. Semoga dapat menambah wawasan dan dapat menjadi referensi untuk tetap menjaga kesehatan tubuh kita dengan mengkonsumsi obat-obatan tradisional.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo