Inilah Manfaat Lidah Buaya Yang Perlu Anda Ketahui !

Image result for lidah buaya

Lidah buaya atau yang dalam nama latinnya disebut dengan Aloe vera adalah tanaman yang tumbuh di iklim tropis dengan bentuk menyerupai kaktus. Tanaman ini telah banyak digunakan oleh masyarakat karena berbagai manfaat dan khasiatnya.

Bagian gel dan lateks dari tanaman ini paling sering digunakan untuk pengobatan. Anda dapat menemukan kandungan gel pada bagian dalam dari daging daun lidah buaya, sedangkan kandungan lateks dapat anda dapatkan tepat di bawah kulit tanaman tersebut dengan warna kekuningan.

Manfaat lidah buaya memang sangat banyak, lidah buaya bermanfaat untuk rambut, kulit, jerawat, bahkan untuk dijadikan obat alami dibeberapa bagian tubuh manusia. Lidah buaya merupakan sejenis tumbuhan yang dikenal dapat dijadikan sebagai obat alami untuk bagian luar tubuh ataupun untuk bagian dalam tubuh seperti penyubur rambut, penyembuh luka, dan dijadikan untuk perawatan kulit.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Lidah buaya memiliki rasa pahit dan bersifat dingin. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam lidah buaya, di antaranya aloin, barbaloin, iso-barbaloin, aloe-imodin, aloenin, dan aloesin. Bahan kimia yang terkandung dalam tanaman akan masuk ke meridian jantung, hati, dan pankreas. Efek farmakologis lidah buaya, di antaranya rasa anti-inflamasi, pencahar (laxatic), parasiticide, dan memperbaiki pankreas. Untuk mengobati sakit kepala, pusing, sembelit (constipation), kejang pada anak, kurang gizi (malnutrition), batuk rejan (pertussis), muntah darah, kencing manis, wasir, meluruhkan haid, dan menyuburkan rambut.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Akar, daun, dan bunga lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  • Mengobati Batuk Rejan. Rebus 15-18 cm daun lidah buaya yang telah dibuang kulit dan durinya dan gula, lalu minum air rebusannya.
  • Mengobati Kencing Manis (diabetes millitus).

    Cuci bersih 1 lembar lidah buaya dan buang durinya. Potong-potong bagian daging daun, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Minum air rebusan 3 kali masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati Luka Terbakar karena api atau terkena minyak goreng panas.

    Cuci bersih daun lidah buaya, buang pangkal daunnya, llau buka kulit daunnya. Oleskan bagian daun yang berlendir pada luka sampai lendirnya menutipi seluruh bagian luka. Ulangi pengolesan setiap lendir terlihat mengering atau setengah jam sekali. Lakukan pengobatan secara kontinu sampai peradangan karena panas pada kulit menghilang. Pengobatan pada lendir lidah buaya ini lebih efektif dibandingkan dengan obat buatan.

  • Mengobati Luka Terpukul dan Luka Dalam (muntah darah).

    Rebus 10-15gr bunga lidah buaya kering dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Saring air rebusannya, lalu minum 3 kali sehari masing-masing 1,5 gelas.

  • Mengatasi Sembelit.

    Cuci bersih 1/2 lembar lidah buaya, buang durinya, lalu bagian dagingnya dicincang. Tambahkan setengah gelas air panas dan 1 sendok makan madu, aduk, lalu saring. Makan campuran tersebut 2 kali sehari dengan dosis sama saat masih hangat.

  • Mengobati Wasir.

    Cuci bersih setengah lembar lidah buaya yang sudah dibuang durinya, lalu parut. Tambahkan setengah gelas air matang dan 2 sendok makan madu, aduk, saring airnnya, lalu minum 3 kali sehari.

Catatan : wanita hamil atau sedang haid, penderita gangguan sistem pencernaan dan diare, serta penderita gangguan ginjal dilarang minum ramuan ini.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Lidah Buaya

    Lidah Buaya Lidah buaya (Aloe barbadensis Milleer) merupakan tanaman obat populer yang telah digunakan selama ribuan ...

online istana solo