Manfaat Tanaman Lidah Mertua yang Menakjubkan

Image result for lidah mertua

Lidah mertua atau Sansivieria trifasciata Prain merupakan salah satu tanaman apotek hidup yang cukup terkenal baik nama maupun manfaatnya. Masyarakat Indonesia menggunakan tanaman ini baik hanya sebagai hiasan di ruang tamunya atau benar benar memanfaatkan fungsinya sebagai tanaman demi kesehatan, kecantikan maupun hal lainnya. Alasan lain banyak masyarakat merawat dan memelihara tanaman ini selain karakteristik yang unik dan cantik, juga perawatan yang mudah. Hanya memerlukan sedikit sinar matahari dan air sudah bisa tumbuh tinggi dan sehat.

Secara analogi tanaman ini memiliki daun tegak dan keras. Ujung yang runcing di gunakan sebagai bentuk adaptasi dan protects atau perlindungan diri. Warna yang kontras antara belang hijau tua dan muda serta bergaris tepi kuning. Jika saja warna utama daun ini merah, mungkin seperti api yang sedang menyulut dan menyala nyala.

Tanaman yang berasal dari Afrika ini memang banyak di gunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain sebagai tanaman obat, kecantikan, maupun menggunakan manfaatnya sebagai pelengkap atau penambah nilai pandang bagi yang melihatnya.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Buah lidah mertua memiliki rasa pahit, manis, serta bersifat sejuk dan sedikit astringent. Daun lidah mertua memiliki rada pedas dan bersifat netral. Sementara itu, akarnya memiliki rasa tawar dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam buah lidah mertua, di antaranyanya vitamin C, tanin, glucogallin, gallic acid, ellagic acid, corilagin, terchebin, chebulagic acid, chebulinic acid, chebilic acid, -3,6-digalloylglucose, mucic acic, phyllembic acid, dan emblicol. Biji lidah mertua mengandung linolenic acid, linoleic acid, oleic acid, dan stearic acid. Daun lidah mertua mengandung amlaic acid, lupeol, R-sitisterol, ellagic acid, gallic acid, -3,6-digalloylglu-cose, corilagin, chebulagic acid, chebulinic acid, dan glucogalli. Akar lidahmertua mengandung lupeol, ellagic acid, dan b-sitosterol. Bahan kimia yang terkandung dalam tanaman akan masuk ke meridian limpa dan lambung.efek farmakologis buah lidah mertua di antaranya untuk mengobati demam, flu, batuk, sakit tenggorokan, sakit gigi, sariawan, gusi berdarah dan bernanah, kencing manis, kekurangan vitamin C, menghilangkan dahak dan haul serta diphteria. Akar lidah mertua untuk mengobati darah tinggi, radang saluran napas, sakit ulu hati (epigastric pain), diare, sifilis, chancre, digigit lipas, TBC kelenjar (Tuberculous lymphadenopathy), antelmintik, ambeien (wasir), astringent, hypotensif, serta membersihkan panas dan racun. Daun lidah mertua digunakan untuk mengobati bengkak (adem), eksim, bisul, digigit lipan, digigit ular berbisa, fistula ani (anal fistula), penyubur rambut, penyakit telinga dan sakit gigi. Buah lidah mertua digunakan untuk menurunkan panas (antipiretik), antiradang, menyejukan tenggorokan, memelihara paru, sebagai obat batuk, serta digunakan untuk diuretik. Daunnya untuk diuretik. Sementara itu, akarnya astringent, hypotesif, serta membersihkan panas dan racun.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Buah, akar, kulit pohon, dan daun lidah mertua dalam keadan segar maupun kering dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  • Mengobati Diare, Tekanan Darah Tinggi, Edema, Eksim, dan Digigit Ular Berbisa.

    Cuci bersih 27gr akar lidah mertua kering, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya, llau minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati eksim dan Radang Kulit.

    Cuci bersih 25-30gr daun lidah mertua, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Gunakan air rebusan untuk mencuci luka.

  • Mengobati Influenza, Batuk, Sakit Tenggorokan, haus, Kekurangan Vitamin C, dan Kencing Manis (diabetes mellitus).

    Cuci bersih 25 buah lidah mertua, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  • Penyubur Rambut.

    Cuci bersih daunlidah mertua segar secukupnya, lalu giling sampai halus. Tambahkan air secukupnya, llau turapkan pada kepala selama 1 jam. Selanjutnya, cuci bersih kepala seperti saat keramas.

  • Mengobati Radang Saluran Napas, Radang lambung, dan Radang Usus.

    Cuci bersih 27gr akar lidah mertua kering, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Nah, itulah manfaat tanaman lidah mertua yang menakjubkan. Anda dapat menanamnya dengan metode stek, atau memilah tunas-tunas baru dari tumbuhan ini. Pilih tanah yang gembur sebagai media tanam, kemudian taruh di bawah sinar matahari. Jika anda ingin mendapatkan sansiviera mini, potong daunnya dan tunggu hingga mengeluarkan akar dengan tunas kecil. Pastinya, tanaman hias ini cocok untuk ditaruh di ruangan kantor anda.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo