10 Makanan Yang Bagus Untuk Meningkatkan Fungsi Hati

Image result for fungsi hati

Hati merupakan salah satu organ dalam tubuh manusia yang berperan penting dalam sistem pencernaan manusia. Namun, bukan berarti hati hanya berguna dalam proses asupan makanan saja. Hati juga memproduksi kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh. Kebutuhan kolesterol tubuh dipenuhi oleh organ hati, jadi sebenarnya kita tidak perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol.

Tidak hanya itu saja, organ hati juga berguna dalam proses penyaringan. Salah satu metode yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan juga fungsi organ hati ialah melalui asupan makanan. Beberapa jenis makanan mengandung zat gizi dan juga nutrisi penting yang berguna menjaga kesehatan organ hati sekaligus meringankan kinerja hati sehingga tetap sehat.

Supaya hati tetap sehat, maka ia harus selalu bersih dari beragam senyawa toxic dari berbagai makanan yang kita makan, yang setiap hari bermuara disini. Oleh sebab itu, setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh kita perlu diperhatikan kesehatannya.

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesehatan organ hati.

  1. Sayuran Berdaun Hijau.

    Beberapa jenis sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dan juga sawi merupakan beberapa jenis asupan makanan sehat yang memiliki banyak kandungan klorofil atau zat hijau daun. Zat hijau daun tersebut sangat berguna untuk meningkatkan efisiensi kinerja hati sehingga hati lebih sehat.Dengan mengkonsumsi sayuran hijau Anda juga akan mendapatkan bonus berupa pencernaan yang lebih sehat karena sayuran hijau kaya akan kandungan serat.

  2. Buah-Buahan Kaya Vitamin C.

    Buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C berguna sebagai antiinflamator di dalam tubuh kita sehingga hati menjadi lebih sehat. Selain itu, kandungan vitamin C di dalam buah-buahan juga berguna sebagai antioksidan alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Beberapa jenis buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi seperti jeruk, lemon, pepaya, mangga, dan lain sebagainya.

  3. Teh Hijau.

    Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang akan menjaga kesehatan hati dan menangkal berbagai dampak negatif dari radikal bebas. Selain itu, kandungan catechin di dalam teh hijau juga sangat efektif untuk membersihkan hati dari racun dan juga berbagai jenis kotoran. Untuk memperoleh manfaat dari teh hijau, Anda dapat minum satu cangkir teh hijau setiap hari.

  4. Kubis.

    Semua jenis kubis, baik itu merah ataupun hijau memiliki manfaat yang sama untuk kesehatan organ hati. Meski termasuk dalammakanan yang mengandung gas tinggi kubis memiliki manfaat untuk kesehatan hati. Hati memiliki kandungan nutrisi dan juga antioksidan yang berguna untuk menangkal berbagai jenis penyakit. Kandungan sulfur di dalam sayuran kubis juga sangat efektif sebagai pembersih racun di dalam hati.

  5. Buah Apel.

    Apel merupakan salah satu jenis buah yang masuk ke dalam kategori Top 30 Buah-buahan Paling Bernutrisi di Dunia. Tidak hanya itu saja, di negara-negara barat juga sering menyatakan slogan “satu apel setiap hari akan menjauhkan Anda dari dokter”. Nampaknya hal tersebut tidak salah sama sekali. Apel memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti vitamin dan juga mineral. Selain itu, apel juga berguna untuk menyediakan pektin bagi tubuh. Pektin merupakan salah satu zat dalam tubuh yang berguna untuk membantu membersihkan saluran pencernaan dan juga hati.

  6. Bawang Putih.

    Seperti halnya kubis, bawang putih juga mengandung sulfur yang efektif untuk membersihkan racun di dalam hati. Selain itu, bawang putih juga mengandung minyak allicin dan juga antioksidan alami. Minyak allicin berguna sebagai zat anti inflamasi, sedangkan antioksidan berguna sebagai penangkal berbagai jenis penyakit.

  7. Wortel dan Bit.

    Wortel dan juga bit merupakan dua jenis sayuran yang sering digunakan untuk membuat salad dan juga sup. Keduanya mengandung vitamin A, beta karoten dan juga flavonoid yang berperan penting dalam proses pembersihan hati. Tidak hanya itu, dengan meningkatkan asupan beta karoten dan juga flavonoid Anda juga akan memperoleh bonus berupa peningkatan kesehatan mata.

  8. Kunyit.

    Kunyit sering kita konsumsi dalam bentuk kapsul, obat herbal, atau dalam bentuk minuman jamu. Seperti apapun cara yang Anda gunakan untuk mengkonsumsi kunyit bukan menjadi masalah. Yang perlu anda tahu adalah kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kunyit. Kunyit mengandung zat anti inflamasi yang efektif membantu penyembuhan infeksi hati.

  9. Pare.

    Pare merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa pahit. Sebagian orang mungkin tidak menyukai jenis sayuran ini karena rasa pahitnya. Namun, rasa pahit tersebut akan sebanding dengan manfaat yang Anda peroleh dari pare. Tahukah Anda bahwa rasa pahit dari makanan yang menyehatkan fungsi hati ini, akan merangsang produksi empedu di dalam hati sehingga memicu kinerja hati yang lebih baik.

  10. Minyak Zaitun.

    Selain bisa digunakan sebagaicara mengatasi bibir kering minyak zaitun mengandung asam lemak yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan asam lemak sehat tersebut juga berguna untuk menyerap berbagai jenis racun di dalam tubuh sehingga kinerja hati lebih ringan.

Dan untuk menjaga kesehatan organ hati, sebaiknya Anda juga menghindari berbagai jenis kebiasaan buruk yang dapat berdampak meningkatnya toksin atau racun di dalam tubuh. Adapun beberapa makanan atau mungkin kebiasaan yang harus Anda hindari adalah:

  • Merokok.

    Kandungan nikotin dalam asap rokok juga dapat memicu gangguan jantung, stroke, dan juga kanker. Karena itulah, untuk menjaga kesehatan organ hati berhentilah merokok mulai dari sekarang.

  • Minuman Beralkohol.

    Minuman ini akan meningkatkan kerja hati hingga memicu terjadinya kerusakan. Saat mengkonsumsi minuman beralkohol, hati bekerja berkali-kali lipat lebih tinggi karena harus menyaring dampak negatif dari alkohol.

  • Makanan Berkolesterol Tinggi.

    Ini yang akan menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh, tidak terkecuali di dalam hati. Akibatnya, kinerja hati akan terganggu. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak kolesterol adalah makanan cepat saji, gorengan, otak sapi, daging merah, kuning telur, dan butter.

  • Makanan Dengan Pemanis Buatan.

    Makanan seperti ini akan meningkatkan kadar gula dalam darah dan menyebabkan gangguan kerja hati. Selain itu, mengkonsumsi makanan dengan kandungan pemanis buatan yang tinggi juga akan menyebabkan penyakit diabetes.

Itulah beberapa jenis makanan yang menyehatkan fungsi hati dan makanan atau kegiatan pantangan yang harus dihindari. Untuk mendukung kesehatan organ hati, anda sebaiknya juga mengimbanginya dengan olahraga setiap hari. Dan pertimbangkan untuk memasukkan banyak buah-buahan dan sayuran dalam diet Anda. Mereka semuanya akan membantu menjaga fungsi hati supaya selalu dalam keadaan prima, yang pada akhirnya menguntungkan bagi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

 

HIU Hepafit

Hepafit insya'allah dapat Mengobati hepatitis (radang hati), Mengobati liver/sakit kuning, Menyehatkan organ hati, Meningkatkan kerja hati, Membantu menetralisir racun.

Salam Sehat

 

Kami melayani orderan grosir dan eceran. Untuk pemesanan silahkan hubungi : 081393930088

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo