Inilah Jenis Makanan Yang Bisa Merusak Organ Hati

Hasil gambar untuk Inilah Jenis Makanan Yang Bisa Merusak Organ Hati

Makan jangalah asal-asalan untuk supaya hidup sehat anda perlu mengkonsumsi makanan, makanan yang mengandung banyak vitamin dan kandungan gizi lainnya akan membuat tubuh menjadi lebih segar bertenaga. Seluruh tubuh akan terawat bila anda mengkonsumsi makanan bergizi secara teratur.

Agar organ di seluruh tubuh anda terawat secara maksimal anda harus mengkonsumsi makanan bergizi dengan seimbang, contohnya mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan bergizi dan bervitamin setiap harinya, jangan 1 jenis saja.

Liver atau hati merupakan organ yang sangat penting, terletak di rongga perut bagian kanan atas di bawah tulang rusuk. Liver merupakan organ terbesar dalam tubuh. Ini setara dengan fungsinya yang berat, yaitu lebih dari 500 jenis pekerjaan yang harus dilakukan oleh organ hati. Hingga dapat dimengerti betapa pentingnya hati/liver tersebut.

Seberapa Penting Hubungan Makanan Dengan Fungsi hati?

Makanan dan liver berhubungan erat karena liver adalah kelenjar pencernaan terbesar yang mengolah sekaligus menyimpan beberapa nutrisi dari makanan sehingga zat-zat apapun yang masuk ke dalam tubuh, terutama dari saluran pencernaan dapat mempengaruhinya.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat merusak hati yang perlu kita ketahui dan pahami.

  1. Makanan Berkolesterol Tinggi.

    Kadar kolesterol yang tinggi adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan resiko penyakit liver. Kolesterol, adalah salah satu jenis lemak yang hanya bisa didapatkan pada produk-produk hewani dan paling banyak terkandung dalam daging merah berlemak, udang, kuning telur, krim, butter, dan jeroan.

  2. Makanan Berlemak.

    Makanan dengan kadar lemak tinggi berkontribusi terhadap naiknya kadar kolesterol, tingginya kadar trigliserida, dan kegemukan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih, sekaligus faktor pemicu kerusakan liver. Contoh makanan dengan kadar lemak tinggi adalah shortening, butter, margarin, daging berlemak, krim, keju, kulit ayam, gorengan, salad dengan krim, roti, kue-kue manis, pastri, dan mayones.

  3. Makanan dan Minuman Manis.

    Makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi seperti soda, permen, dan dessert cenderung mengandung kalori yang tinggi. Kelebihan kalori menyebabkan pembentukan lemak di dalam hati. Apabila terus menerus, liver tidak dapat memproses dan memecahkan lemak yang tersimpan di dalamnya, menyebabkan timbunan lemak dalam hati, dan terjadilah perlemakan hati, yang selanjutnya dapat menyebabkan sirosis.

  4. Minuman Beralkohol.

    The California Pacific Medical Center melaporkan bahwa konsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan gangguan pada hati, yang dikenal dengan Alcoholic liver disease. Alcoholic liver disease adalah istilah yang menggambarkan manifestasi konsumsi alkohol yang berlebihan di hati, mencakup perlemakan hati, hepatitis alkohol, dan hepatitis kronis dengan fibrosis (jaringan parut) pada hati atau sirosis.

    Penyebabnya adalah karena 80% alkohol akan melewati hati untuk didetoksikasi. Konsumsi dalam jumlah besar atau terus menerus menyebabkan pengeluaran mediator-mediator inflamasi (radang) yang menyebabkan peradangan pada hati, apoptosis (kematian) sel-sel hati, dan selanjutnya fibrosis pada jaringan hati.

  5. Obat-obatan, Suplemen, dan Herbal.

    Hati memiliki peranan penting dalam memetabolisme semua obat yang masuk dalam tubuh, sehingga tidak menghasilkan zat beracun bagi tubuh. Akan tetapi, ada beberapa obat yang berpotensi lebih besar merusak liver, sehingga perlu diperhatikan penggunaannya seperti kodein- obat batuk-, kortikosteroid -obat anti radang-, tetrasiklin- antibiotik-, dan diazepam -obat penenang-.

    Beberapa obat yang dijual bebas juga juga bersifat racun bagi hati apabila dikonsumsi dalam jumlah besar, seperti parasetamol, aspirin atau abat-obat analgesik anti inflamasi lain, dan obat anti kolesterol. Selain obat-obatan, suplemen pun tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan, karena sebagian suplemen dapat merusak liver.

  6. Rokok.

    Rokok meningkatkan risiko terkena kanker hati dan menurunkan kemampuan liver untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Selanjutnya, dapat menyebabkan liver kita rentan terkena dampak merugikan dari obat-obatan yang kita konsumsi.

  7. Makanan Berkadar Garam Tinggi.

    Hampir semua orang tahu bahwa makanan dengan kadar garam tinggi berpotensi menaikkan tekanan darah. Tetapi ternyata tidak sampai di situ saja, makanan asin juga berkontribusi menyebabkan penyakit liver melalui peningkatan tekanan darah. Usahakan untuk membatasi konsumsi garam dalam makanan sehari-hari sehingga tidak melebihi 2300 miligram (sekitar satu sendok teh), mengurangi konsumsi makanan kaleng serta produk-produk olahan seperti sosis, keju olahan, makanan instan, dan makanan cepat saji.

Pada dasarnya, menjaga kesehatan liver tidak jauh berbeda dengan menjaga kesehatan tubuh secara umum. Makanan dan minuman yang membahayakan liver juga membahayakan kesehatan tubuh secara umum. Menjaga kesehatan lebih baik dan menguntungkan dibandingkan menyembuhkan suatu penyakit. Jaga kesehatan tubuh kita dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan pola hidup yang sehat pola.

 

BioJanna

Beberapa manfaat dari BioJANNA :
  • Membantu pembersihan fungsi saluran pencernaan
  • Meningkatkan fungsi hati dan Membantu mengurangi penyakit hati
  • Menurunkan kolesterol
  • Membantu mengurangi sembelit & diare.
  • Membantu mengurangi infeksi yang berasal dari bakteri.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
  • Mendorong fungsi pencernaan gizi dan vitamin.
  • Memperbaiki metabolisme.
  • Mengatasi penyakit : Kolesterol, Diabetes, Maag, Darah Tinggi, Darah Rendah, Asam Urat, Migren, Alergi, Keputihan, Lemah Jantung, Ginjal dan manfaat lainnya.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo