Khasiat Madu Herbal Untuk Kesehatan

Apa itu Madu Herbal?

Indonesia memang terkenal sebagai negara yang kaya akan alamnya. Salah satunya yaitu Indonesia merupakan salah satu negara produsen madu. Hal tersebut mendorong banyaknya produk madu yang dikombinasikan dengan ramuan – ramuan tersebut sehingga muncullah produk madu herbal.

Madu memang banyak macamnya, ada yang diberi nama sesuai dengan sumber nektarnya, dari warna nya, daerah asalnya, dan proses pembuatannya. Salah satu dari beberapa jenis madu diantaranya yaitu madu herbal. Mungkin sebagian dari anda masih ada yang merasa asing dengan nama ini. Pada dasarnya, madu herbal merupakan perpaduan antara ramuan obat dan madu.

Herbal atau tanaman obat direndam di dalam madu kemudian didiamkan beberapa minggu sehingga kandungan ekstrak tanaman terserap oleh madu. Seperti yang kita ketahui bahwa madu memiliki sifat hidroskopis, hal tersebut membuat madu dapat menarik zat – zat yang berkhasiat dari tanaman tersebut. Selain itu, madu juga berperan sebagai bahan pengawet sehingga membuat herbal yang terendam di dalam madu akan tetap segar dan tidak akan mengalami pembusukan.

Beberapa Contoh Ramuan Madu Herbal

Seperti yang sudah dijelaskan, madu herbal adalah perpaduan antara madu dengan obat herbal. Berikut ini beberapa contoh ramuan madu herbal :

  • Kombinasi Madu dengan Bawang Putih. Perpaduan antara madu dan bawang putih berkhasia sebagai antibakteri yang efektif, hal tersebut juga ditegaskan oleh bapak kedokteran, Avicenna dan Hipocrates. Ramuan ini berkhasiat pula untuk mengobati sakit tenggorokan, sakit dada dan dapat mengobati batuk.
  • Kombinasi Madu dengan Temulawak. Perpaduan kedua bahan tersebut berfungsi untuk mengobati hepatitis.
  • Kombinasi antara Madu, Daun Pegagan, dan Daun Kunyit. Ketiga bahan tersebut jika dipadukan akan berkhasiat untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Manfaat Madu Herbal Untuk Kesehatan

Kesehatan merupakan hal utama yang harus diperhatikan oleh setiap orang. Sering ada ungkapan bahwa sehat itu mahal, namun jika dengan niat yang kuat, dan usaha yang sungguh – sungguh, kesehatan tidak harus didapatkan dengan biaya yang mahal. Pola hidup yang baik, pola makan, olah raga yang teratur serta asupan gizi dan vitamin yang sesuai akan mendukung kesehatan tubuh.

Tubuh kita perlu nutrisi dan vitamin yang berguna untuk kondisi tubuh yang selau sehat, bugar dan fit. Nutrisi dan vitamin tidak selalu harus perupa suplemen tablet atau kapsul impor yang harganya selangit, dengan modal bahan – bahan sederhana, ikhtiar dan berdoa, InsyaAllah kesembuhan akan datang menghampiri kita. Seperti yang sudah kita bahas bahwa madu herbal memiliki fungsi ganda bagi tubuh, inilah fungsi-fungsi tersebut:

  1. Madu aman dikonsumsi bagi siapapun dari balita hingga manula.
  2. Madu herbal dapat meningkatkan dan menjaga stamina ibu hamil karena di dalamnya terdapat nutrisi dan gizi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin agar sehat selama berada di dalam kandungan.
  3. Madu herbal dapat berkhasiat memperkuat janin yang lemah di dalam kandungan ibu hamil (rahim).
  4. Madu herbal berkhasiat untuk perkembangan otak bayi karena setiap hari otak bayi berkembang hingga usia lima tahun sehingga bayi membutuhkan gizi yang tinggi.
  5. Madu herbal dapat berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan anak karena di dalamnya terdapat vitamin B yang lengkap.
  6. Madu herbal dapat mempercepat pertumbuhan fisik anak sehingga anak tumbuh sehat, lincah dan riang juga tahan terhadap berbagai penyakit.
  7. Madu herbal berkhasiat dalam mengembalikan stamina setelah kelelahan dan stress.
  8. Madu herbal dapat memperkuat kerja sistem organ pencernaan terutama untuk manula yang sistem pencernaannya sudah berkurang fungsinya, dalam hal ini madu merupakan sumber energi dan gizi yang mudah di serap bagi tubuh.
  9. Madu herbal dapat mengobati sariawan dan gangguan lainnya pada mulut. madu dapat digunakan untuk menyikat gigi dan bisa memutihkan serta menyehatkan gigi dan gusi.
  10. Antioksidan dalam madu menjadikan asimilasi gula dalam darah menjadi mudah.
  11. Madu mengandung vitamin seperti B1, B5, dan C yang dibutuhkan terutama untuk penderita diabetes.
  12. Madu herbal dapat mencegah penyakit radang usus besar (colitis), maag dan tukak lambung. Asam asetat yang menimbulkn luka – luka dalam kolon dapat dicegah dengan madu. Pada kadar 20% madu dapat berkhasiat melemahkan bakteri pylori yang menyebabkan tukak lambung.
  13. Madu herbal juga berkhasiat untuk membersihkan liver
  14. Madu herbal dapat memperlancar buang air kecil
  15. Madu herbal dapat mengobati batuk berdahak
  16. Madu herbal dapat bermanfaat untuk menghancurkan batu ginjal dan batu kandung kemih.
  17. Madu herbal bermanfaat untuk memperlancar haid
  18. Madu herbal bermanfaat untuk memperlancar ASI.

Itulah sekilas informasi tentang manfaat madu herbal untuk kesehatan. Setiap khasiat mungkin tidak selalu Anda jumpai pada setiap ramuan madu herbal, karena khasiat yang ditimbulkan dari konsumsi madu herbal tergantung dari komposisi madu herbal itu sendiri. Selain itu, mengkonsumsi madu herbal secara teratur dan tepat dosis juga akan mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan khasiatnya. Semoga bermanfaat dan berguna.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo