Manfaat Luar Biasa Tanaman Mahkota Dewa

Manfaat Mahkota Dewa—Obat Herbal Berjuta KhasiatTanaman yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Orang sering mendengar nama mahkota dewa namun tidak banyak yang pernah melihat langsung wujud dari buah ini. Pohon yang berasal dari Papua Indonesia ini biasa ditanam sebagai tanaman peneduh dan dapat tumbuh hingga 3 meter.

Mahkota dewa berakar tunggang dengan batang bulat dengan permukaan kasar. Warna kulit batang coklat agak kehijauan dan bagian kaunya berwarna putih. Daun tanaman mahkota dewa adalah tunggal dan berhadap - hadapan dengan tangkai pendek berbentuk lonjong dan ujungnya runcing. Bagian tepi daun rata, permukaan licin dan tidak berbulu. Warna daun hijau tua dengan panjang mencapai 10 cm dan lebar hingga 5 cm. Tanaman ini berbunga sepanjang tahun dengan bentuk seperti tabung, harum, berwarna putih. Buahnya memilik lapisan kulit, cangkang, daging buah, dan biji. Kulit luar berwarna merah dan baggian dalam atau daging buahberwarna putih berserat dan mengandung air. Bijinya berbentuk bulat dan lonjong, bertekstur keras, dengan diameter 1 cm. Sebagai peringatan, biji buah ini mengandung racun yang tidak baik untuk dikonsumsi.

 

Zat aktif dalam mahkota dewa:

  • Alkaloid

    Berfungsi mendetoksifikasi tubuh alias membersihkan racun dari dalam tubuh manusia.

    • Flavonoid

      Zat ini dapat melancarkan pembuluh darah yang tersumbat sehingga melancarkan sistem peredaran darah, mengurangi kandungan kolestrol serta mengurangi penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah, mengurangi risiko terserag penyakit jantung koroner, sebagai anti oksidan, mengurangi rasa sakit akibat pendarahan dan pembengkakan.

      • Polifenol

        Berfungsi sebagai anti histamin (anti alergi).

        • Saponin

          Berguna bagi imunitas tubuh sebagai sumber anti bakteri dan virus sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, saponin juga berfungsi mengurangi kadar gula dalam darah, mengurangi penggumpalan darah, dan meningkatkan vitalitas.

           

          Saat ini, banyak orang yang belum sepenuhnya memanfatkan mahkota dewa sebagi tanaman obat karena belum mengetahui ap saja manfaatnya bagi kesehatan. Selain itu, kandungan racun mahkota dewa mebuat masyarakat ragu dan takut untuk memanfaatkan tanaman ini sebagai tanaman obat. Agar tidak terkena racun, konsumsilah bagian buah dan daunnya saja. Jangan pernah makan biji mahkota dewa. Bagian mahkota dewa yang beracun adalah bijinya.

          Walaupun bijinya beracun,bukan berarti anda dapat membuangnya begitu saja. Anda dapat memanfaatkan biji mahkota dewa sebagai obat luar seperti penyakit kulit dan sejenisnya. Hal ini tidak berbahaya karena tidak masuk ke dalam tubuh manusia. Caranya adalah dengan menjemur biji mahkota dewa yang telah dipisahkan dari dagingnya sampai benar-benar kering. Setelah kering, sangria biji sampai gosong dan haluskan sampai benar-benar halus. Terakhir aplikasikan pada kulit yang terluka.

          Berikut dibahas beberapa manfaat mahkota dewa untuk selain bijinya:

          1. Untuk Detoksifikasi

          Detoksifikasi sangat penting bsagi tubuh untuk membuang racun yang mengendap dalam tubuh. Namun detoksifikasi yang dilakukan di ruma sakit membutuhkan biaya yang mahal dan menguras isi dompet. Saat ini mahkota dewa bisa dijadikan solusi untuk proses detoksifikasi dalam tubuh. Anda dapat merebus buah mahkota dewa yang sudah dibuang bijinya kemudian meminum air rebusan tersebut setelah dingi. Lakukan secara rutin semingu sekali. Racun akan kelar lewaturin, keringat, dan feses.

          1. Meningkatkan Sistem Imun

          Salah satu manfaat tanaman mahkota dewa adalah meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh manusia terhadap penyakit karena mengandung zat saponin. Selain itu, kandungan alkaloid dalam tanamnan ini juga dapat mengeluarkan virus dan bakteri dalam tubuh dengan proses detoksifikasi.

          1. Menjaga Vitalitas

          Kandungan saponin dalam mahkota dewa bias menjaga dan meningkatkan vitalitas bagi pria. Caranya dengan merebus buah mahkota dewa kering dan meminumnya satu jam sebelum berhubungan denga istri.

          1. Menurunkan Gula Darah

          Mahkota dewa bisa menurunkan adar gula di dalam darah mengunakan zat saponin. Air rebusan mahkota dewa cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Caranya dengan merebus 5 buah mahkota dewa yang sudah dicuci dan diiris tipis-tipis dengan 5 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Mnumlah 3 kali sehari secar rutin.

          1. Melancarkan Peredaran Darah

          Zat yang bermanfaat melancarkan peredaran darah dalam mahkota dewa adalah flavonoid.  Peredaran darah yang lancar akan menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit.

          1. Melancarkan Metabolisme

          Zat flavonoid yang terkandung pada mahkota dewa mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Metabolism yang baik akan menghindarkan tubuh dari gangguan kesehatan. Salah satu gangguan tersebut adalah penurunan kognitif tubuh.

          1. Menurunkan Kolestrol

          Mahkota dewa dapat digunakan untuk menurunkan kolestrol. Zat flavonoidnya berguna menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh.

          1. Menyehatkan Jantung

          Penyakit jantung koroner biasanya disebabkan oleh peredaran darah yang tidak lancar. Flavonoid berfungsi melancarkan peredaran darah ke jantung yang tersumbat yang meringankan kinerja jantung dan mengobati penyakit jantung koroner.

          1. Menangkal Radikal Bebas

          Mahkota dewa mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh.

          1. Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker

          Anti oksidan dlaam kulit mahkota dewa kering bermanfaat mencegah munculnyha sel kanker dan tumor.

          1. Meringankan Rasa Sakit

          Kandungan flavonoid dalam mahkota dewa bias meringankan rasa sakit.

          1. Sebagai Anti Virus dan Anti Bakteri

          Virus dan bakteri akan dilawan oleh saponin yang berfungsi meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Selain itu, kandungan alkaloid dalam mahkota dewa juga membantu tubuh mengeluarkan racun berupa virus dan bakteri dari dalam tubuh. Sehingga tubuh terbebas dari berbagai macam penyakit akibat virus dan bakteri seperti flu dan batuk, disentri, ataupun hepatitis.

          1. Mengobati Asam Urat

          Zat flavonoid mampu mampu mengobati asam urat dengan menurunkan kadar asam urat pada tubuh.

          1. Mengatasi Gatal di Kulit

          Kandungan polifenol dipercaya sebagai anti alergi yang baik. Zat ini mampu mengobati gatal-gatal pada tubuh terutama gatal karena alergi. Caranya dengan mencuci beberapa lembar daun mahkota dewa. Setelah itu, giling atau tumbuk daun tersebut hingga menjadi halus dan tempelkan pada bagian yang gatal. Ganti tempelan tersebut 3 kali sehari.

          1. Mengobati Hepatitis

          Penyakit hepatitis tidak dapat dibiarkan dan harus diobati. Zat saponin dalam mahkota dewa bermanfaatuntuk mengobati penyakit hepatitis.caranya dengan merebus 5 gram daging buah mahkota dewa, 15 gram daun dewa, 15 gram pegagan, dan 10 gram daun sambiloto yang telah dicuci dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Minum air tersebut 3 kali sehari.

          Efek Samping

          Di balik berbagai manfaat dalam mahkota dewa, terdapat pula efek samping yang diakibatkan oleh tumbuhan ini. Air rebusan daun mahkota dewa bisa menyebabkan rasa kantuk dan mabuk bagi peminumnya.

          Biji mahkota dewa yang tertelan atau masuk ke dalam tubuh bisa mengakibatkan keracunan. Gejalanya adalah lidah akan mati rasa, kaku, mulut bengkak, sariawan, mabuk, kejang dan tubuh akan mengalami demam seketika. Bila itu terjadi, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah minum air putih sebanyak banyaknya dan segera bawa ke pelayanan kesehatan terdekat.

          Ibu hamil dilarang keras mengonsumsi mahkota dewa. Kandungan oksitosis dan sintosinon di dalamnya dapat merangsang kontraksi rahim pada saat proses kelahiran. Sehingga ditakutkan akan menyebabkan keguguran bila dikonsumsi saat usia kehamilan masih muda.

           Selain itu mengonsumsi mahkota dewa terlalu sering dengan jumlah berlebih dapat menyebabkan sakit kepala. Jadi konsumsilah dalam batas wajar karena segala yang berlebihan itu tidak baik.

          Selalu konsultasikan ke dokter bila anda ingin menggunakan obat herbal apapun untuk menangani penyakit anda. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek yang tidak diinginkan akibat penggunaan yang keliru dan justru memperparah penyakit yang anda derita.

          Salam Sehat

           

          Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

          • Istana Herbal Solo. 

            Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

          • Istana Herbal Yogyakarta. 

            Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

          • Istana Herbal Malang. 

            Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

          • Istana Herbal Jakarta. 

            Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

           

          Pelayana Kami :
          Kami akan selalu siap melayani Anda
          Email : istana.herbal.it@gmailcom
          Order respon cepat whatsApp : 081393930088
          Telp : (0271) 7451424

          Artikel Terkait

          Karyawan baru Istana