Manfaat Mahkota Dewa - Obat Herbal Berjuta Khasiat

Image result for mahkota dewa

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya tentang manfaat mahkota dewa harus diketahui oleh banyak orang, hal itu dikarenakan banyak sekali manfaat yang akan kita temukan dari tumbuhan satu ini. Meski banyak khasiat yang akan didapatkan, tidak membuat banyak orang menanamnya di halaman rumah mereka. Orang sering mendengar kata mahkota dewa, namun tidak banyak orang yang pernah melihat bentuk dan wujud dari tumbuhan mahkota dewa ini.

Di wilayah Jawa, tanaman mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) sejak dahulu kala biasa ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias atau sebagai peneduh. Bagian dari tanaman mahkota dewa yang sering kali dimanfaatkan ialah buah, daun, serta bijinya.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Mahkota dewa memiliki rasa yang pahit dan beracun. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daun mahkota dewa, di antaranya lakaloid, polifenol, dan saponin; sedangkan kulitnya mengandung alkaloid, flavonoid, dan saponin. Efek farmakologis mahkota dewa, di antaranya astringent, antimikroba, dan antikanker (antineoplastik).

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun dan kulit buah segar atau kering dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut :

  • Mengobati Disentri Amuba.

    Cuci bersih 50gr kulit buah segar mahkota dewa, lalu rebus dengan 400ml air selama 15 menit. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum sekaligus. Lakukan pengobatan 2-3 kali sehari.

  • Mengobati Eksim.

    Cuci 15gr daun mahkota dewa segar, lalu tumbuk sampai halus. Tempelkan hasil tumbukan pada bagian yang sakit. Bila kering, ganti dengan yang baru. Lakukan pengobatan 1-3 kali sehari.

  • Mengobati Tumor dan Eksim.

    Cuci 50gr kulit buah mahkota dewa segar, lalu rebus dengan 400ml air selama 15 menit. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum sekaligus. Lakukan pengobatan 2-3 kali sehari.

Nah itulah beberapa manfaat mahkota dewa yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari hari. Namun satu hal yang harus diketahui, selalu konsultasikan terlebih dahulu penyakit anda pada dokter sebelum memutuskan menggunakan obat herbal.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo