Tumbuhan Mahoni Punya Manfaat Untuk Kesehatan

Image result for mahoni

Manfaat Mahoni mulai dari buah hingga biji dan pohonnya bagi kesehatan cukup populer dikalangan herbal. Pohon mahoni, ditemukan di wilayah Pasifik Selatan terutama di Kepulauan Solomon. Tanaman mahoni ini dikenal dengan kayu indah yang digunakan untuk furnitur dan ukiran. Namun, tanaman mahoni juga memiliki kegunaan yang kurang dikenal, bagian biji dan buah mahoni dapat digiling dan diambil untuk berbagai manfaat kesehatan.

Mahoni ( Swietenia mahagoni Jacq.) adalah anggota suku Meliaceae yang mencakup 50 genera dan 550 spesies tanaman kayu. Pohon mahoni bisa mengurangi polusi udara sekitar 47%-69% sehingga disebut sebagai pohon pelindung sekaligus filter udara dan daerah tangkapan air. tanaman mahoni juga merupakan salah satu tanaman yang kayunya dimanfaatkan untuk berbagai keperluan tekstil, dibuat untuk kayu atua papan yang dimanfaatkan untuk membuat lemari, kursi, meja atau aneka ukiran yang cantik.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Mahoni mempunyai rasa pahit, bersifat dingin, dan beracun. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam mahoni, di antaranya saponin dan flavonoid. Efek farmakologis mahoni, di antaranya menghilangkan panas, anti-piretik, antijamur, menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes mellitus), kurang nafsu makan, rematik, masuk angin, dan eksim. Sementara itu, kulit batangnya untuk mengobati demam, sebagai tonikum, dan astringent.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Biji dan kulit batang mahoni dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit :

  • Mengobati Demam dan Masuk Angin.

    Seduh setengah sendok teh serbuk biji mahoni dengan setengah gelas air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu, llau minum saat masih hangat. Lakukan 2-3 kali sehari.

  • Mengobati Eksim dan Rematik.

    Seduh setengah sendok teh serbuk biji mahoni dengan setengah gelas air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu, lalu minum saat masih hangat. Lakukan 2-3 kali sehari.

  • Mengobati Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi).

    Seduh 8gr biji mahoni segar dengan 2 gelas air panas. Setelah dingin, saring air hasil seduhan, lalu bagi dua bagian untuk diminum pada pagi dan sore hari.

  • Mengobati Kencing Manis.

    Seduh setengah sendok teh serbuk biji mahoni dengan 1/3 gelas air panas. Minum air seduhan tersebut saat hangat 2-3 kali sehari, 30 menit sebelum makan.

  • Meningkatkan Nafsu Makan.

    Seduh setengah sendok teh serbuk biji mahoni dengan setengah gelas air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu, lalu minum saat masih hangat. Lakukan 2-3 kali sehari.

Catatan : keringkan biji mahoni, giling sampai menjadi serbuk, lalu simpan dalam toples.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo