Tahukah Kalian Manfaat Dari Tumbuhan Maja?

Image result for tumbuhan maja

Buah maja adalah buah yang cukup unik, buah ini mempunyai sejarah sebuah kerajaan besar di Indonesia yaitu Majapahit. Konon dahulu kala pada saat Raden Wijaya yang merupakan pendiri kerajaan Majapahit membangun tempat itu ada seorang prajurit yang memakan buah maja, dan ternyata buah yang dimakan itu terasa pahit. Kemudian Raden Wijaya menamakan wilayah itu nama Majapahit. Dari situlah awal mula nama kerjaan besar tersebut. Kerajaan Majapahit ini sendiri pada zamanya sangatlah terkenal di seluruh dunia.

Buah maja (Nama ilmiah : Aegle Marmelos Correa) merupakan sebuah tanaman yang hanyalah tubuh pada daerah tertentu. Rasa dari buah ini bukan hanya pahit saja, tetapi ada juga yang memiliki rasa manis dan juga aromanya yang harum. Meskipun begitu, buah ini memiliki manfaat dan juga khasiat yang sangatlah baik untuk kesehatan tubuh. Buah ini telah dipercaya memiliki kandungan yang sangatlah baik sekali bagi kesehatan karena kandungannya. Tanaman ini juga bisa anda tanam pada pekarangan ataupun rumah. Tumbuhan ini bisa beradaptasi pada suhu yang sangatlah panas mencapai 49 derajat, kemudian untuk dingin -7 derajat celcius.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Maja mempunyai rasa manis, harus, dan tajam ditenggorokan. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam maja, di antaranya zat lemak dan minyak terbang yang mengandung linonen. Daging buah maja mengandung substansi semacam minyak balsem, 2-furocoumarins-psoralen, dan marmelosin (CH13H12O3). Buah, akar, dan daun maja bersifat antibiotik. Selain itu, akar, daun, dan ranting digunakan untuk mengobati gigitan ular. Akar maja mengandung psoralen, anthotoxin, o-methylscopoletin, scopoletin, decursinol, haplonine, dan aegelinol. Daun maja mengandung a-limonene, 56%-a-8 phellandrene, sineol, 17% cyrnene, citonellol, citiol, 5% cumin aldehyde, alkaloids, o-(3,3-dimethylally)-harfodinol, n-2-ethoxy-2-(4-methoxyphenyl) ethylcinnamide, n-2-methoxy-2-methoxy-2-[4-3,3-dimethyalloxy)phennyl], ethylcinnamide, dan n-2-methoxy-2-(4-methoxyphenyl)-ethyl cinnamamide. Namun, daun disebutkan dapat menyebabkan aborsi dan steril bagi wanita. Sementara ranting digunakan sebagai racun ikan. Tanin yang digunakan dalam jangka waktu lama bersifat antinutrisi dan menyebabkan kanker. Efek farmakologis akar maja, di antaranya mengobati demam. Kulit batang dan akar maja untuk obat nyeri jantung, stomakikum, dan sedatif.daun maja untuk borok, kudis, eksim, bisul, abortif, demam, dan radang selaput lendir hidung. Buah maja untuk disentri dan diare, sedangkan kulit buahnya untuk pewangi.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Buah, akar, kulit batang, dan daun maja dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  • Mengobati Disentri dan Diare Menahun.

    Peres buah maja mentah yang wangi, lalu minum 1 gelas. Lakukan 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

  • Mengobati Hipokondria (muram merasa sakit), melankholia (murung), dan Penyakit Jantung (mengipas).

    Rebus akar dan kulit maja masing-masing 5gr dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.

  • Mengobati Koreng, Tukak, Kudis, Eksim, dan Bisul.

    Cuci bersih 7 gr daun maja segar, lalu tumbuk halus.

    Tambahkan sedikit air, lalu aduk sampai menjadi bubur. Balurkan bubuk pada luka dan balut dengan kain bersih atau perban.

  • Mengobati Sakit Usus.

    Rebus akar dan kulit maja masing-masing 5gr dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus 1 kali sehari. Cara lain, makan daging buah sebanyak 60gr.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat buah maja untuk kesehatan yang bisa saya berikan kepada anda. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan menambah wawasan serta pengetahuan yang luas. Makanlah buah-buahan yang sehat untuk menerapkan pola hidup yang sehat.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo