Sayuran Yang Baik Dikonsumsi Bayi Saat Usia 6-12 Bulan

Selama beberapa bulan pertama kehidupan, bayi hanya minum ASI atau susu formula. Dan pada usia 6 bulan bayi diperbolehkan mendapatkan asupan makanan padat. Ini adalah waktu yang sangat menarik dalam kehidupan seorang bayi ketika mereka mendapatkan pengalaman selera pertama mereka dari makanan padat. The American Academy of Pediatrics merekomendasikan bahwa bayi dapat mulai sayuran sekitar usia 6 bulan.

Sayuran merupakan makanan yang wajib Anda berikan kepada anak Anda. Karena sayuran mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak dan dapat menurunkan resiko penyakit berat seperti jantung dan kanker. Jadi, selaku orangtua sudah seharusnya membiasakan anak-anak menyukai sayuran, meskipun terkadang sayuran sangat tidak disukai oleh anak-anak karena rasa, bentuk dan warnanya.

Membiasakan dan memperkenalkan sayuran sejak usia dini nantinya akan terbiasa sampai mereka menjadi tumbuh dewasa. Alasan mengapa anak harus mengkonsumsi sayuran antara lain:

  • Mengandung vitamin dan juga mineral penting seperti vitamin A, C, E dan kalsium yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel dan juga membangun jaringan tubuh.
  • Banyak mengandung zat sebagai pelindung dari penyakit.
  • Sayuran dapat membantu anak terhidrasi.
  • Dapat mencegah terjadinya kelebihan berat badan karena mengandung zat-zat yang rendah kalori dan rendah lemak, tapi memiliki nutrisi yang tinggi yang mampu diserap oleh tubuh dengan sempurna.
  • Kaya akan kandungan serat yang tinggi sehingga anak-anak merasa kenyang dan juga mencegah

Selepas pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan, mulailah perkenalkan sayuran terlebih dulu kepada bayi Anda sebelum memperkenalkan buah-buahan sebagai tambahan makanan pendamping ASI. Karena bayi akan merekam rasa dari sayuran, sehingga jika buah-buahan yang diperkenalkan terlebih dulu yang rasanya manis, dikhawatirkan bayi tidak akan suka terhadap sayuran.

Sayuran Yang Baik Dikonsumsi Bayi Usia 6-12 Bulan

Beberapa sayuran yang baik dikonsumsi bayi saat usia 6-12 bulan :

  1. Seledri.

    Pada umumnya para orangtua,seledri ini digunakan sebagai penambah cita rasa makanan seperti membuat sup tetapi seledri juga dapat dijadikan campuran bubur ataupun nasi tim bayi, karena didalam seledri terdapat kandungan kalsium dan fosfor yang lumayan. 100 gram seledri mengandung zat kalsium 50 miligram dan 40 gram fosfor.

  2. Bayam.

    Sangat baik untuk perkembangan otak bayi karena kaya akan  vitamin A  yang tinggi  dan vitamin B, vitamin C, asam folat, mangan fosfor, mineral kalsium dan zat besi.

  3. Wortel.

    Wortel sangat baik buat kesehatan mata karena mengandung vitamin A yang cukup tinggi.

  4. Tomat.

    Tomat mengandung vitamin C nya cukup banyak, sehingga sangat baik untuk menjaga imunitas anak serta mempermudah penyerapan zat besi.

  5. Brokoli.

    Meskipun bentuknya agak keras tetapi untuk dikonsumsi bayi seharusnya dibuat lunak agar dapat dimakan oleh bayi. Brokoli mengandung zat kaya akan kalsium dan asam folat.

  6. Labu Siam.

    Sayuran yang satu ini kaya akan fosfor dan kalsium yang bermanfaat untuk pertumbuhan gigi dan tulang.

  7. Kacang Hijau.

    Ketika Anda berpikir bayi Anda siap untuk bergerak maju ke sayuran hijau, kacang hijau adalah tempat yang baik untuk memulai. kacang hijau dapat dimakan dari tabung atau dimasak dengan baik dan bubur di rumah. Mereka penuh vitamin A dan K untuk membantu membangun sistem kekebalan tubuh bayi Anda. Menggunakan kacang hijau sebagai hijau pertama akan membantu dia terbiasa dengan rasa sayuran hijau dan mengurangi ke yang lain.

  8. Kembang Kol.

    Dari sekitar usia 6 bulan, Anda dapat mulai memberikan kembang kol bayi Anda. Sayuran ini kaya akan vitamin C dan K. Kukus atau rebus dan tumbuk, bayi Anda akan menyukai rasa kembang kol. Coba mengepul itu untuk memberikan bayi Anda yang paling manfaat, karena hal ini membantu mempertahankan paling vitamin.

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika Anda mulai memberi bayi anda makanan padat. perlu memperhatikan bagaimana bersih sayuran segar jika Anda memasak sendiri. Anda juga perlu memastikan sayuran tersebut segar. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh bayi Anda masih kurang dan lebih rentan terhadap infeksi bakteri makanan. 

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo