Makanan-Makanan Kaya Antioksidan

Image result for MAKANAN KAYA ANTIOKSIDAN

Antioksidan adalah zat yang bermanfaat dalam mencegah kerusakan sel, serta menjaga kulit tetap segar dan awet muda. Berdasarkan penelitian, antioksidan banyak terdapat dan buah-buahan san sayuran berwarna ungu. Warna ungu pada buah-buahan dan sayuran diindikasikan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, dibanding buah atau sayuran yang tidak berwarna ungu.

Hasil studi yang dirilis National Health and Nutrition Examination Study menyebutkan, orang dewasa yang rajin mengonsumsi buah dan sayuran berwarna ungu memiliki berat badan yang stabil. Selain itu, umumnya mereka cenderung langsing dan tidak memiliki berat badan berlebih, serta memiliki tekanan darah dan kandungan HDL dalam darah yang stabil. Dari situlah kemudian para peneliti mengembangkan studinya terhadap buah dan sayuran berwarna ungu, hingga menemukan anthocyanin, yaitu pigmen dalam buah dan sayuran berwarna ungu yang berfungsi sebagai antioksidan.

Berikut ini buah-buahan dan sayuran berwarna ungu yang penting dikonsumsi, karena mengandung antioksidan.

 

Plum

 

Image result for plum

Dibanding buah lain, buah plum mungkin kurang terkenal, khususnya di Indonesia. Namun kita bisa mendapatkannya di toko buah atau di supermarket. Sama seperti buah lain, plum bisa dinikmati secara mudah.

 

Kol Ungu

Image result for kol ungu

 

Ada kol putih, ada pula kol ungu. Untuk mendapatkan antioksidan, Anda harus memilih kol ungu. Kol jenis ini rasanya manis, dan bisa dijadikan salad dressing atau lalapan.

 

Terong Ungu

Image result for terong ungu

 

Terong ungu adalah sayuran yang mudah didapatkan, enak, serta harganya murah. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk sayur atau sajian lainnya.

 

Anggur Ungu

Image result for anggur ungu

 

Ada anggur hijau, ada pula anggur ungu. Umumnya, orang lebih menyukai anggur ungu, karena bentuk dan warnanya yang lebih menggiurkan. Selin itu, anggur ungu juga mengandung antioksidan.

 

Bit

Image result for umbi bit

 

Bit adalah jenis umbi yang kaya antioksidan, serta dapat dimanfaatkan sebagai penambah darah. Bit bisa dikonsumsi dalam bentuk jus segar.

Beberapa buah dan sayuran di atas hanya sebagian macam makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Masih banyak lagi jenis buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan. Lain waktu saya akan membahas makanan yang kaya antioksidan lainnya lagi.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo