Inilah Pilihan Makanan Yang Tepat Penambah Hemoglobin Darah

Darah memiliki berbagai komponen pendukung, terutama Hemoglobin yang sering disingkat dengan HB. Hemoglobin adalah protein darah merah yang fungsinya mengikat oksigen untuk disebarkan ke seluruh sel tubuh. Dengan oksigen inilah tubuh kita bisa berfungsi normal.

Kondisi sel tubuh saat hemoglobin berkurang, otomatis suplai oksigen tubuh kian menipis yang berakibat pada penurunan kinerjanya. Yang paling sering terjadi ketika kekurangan HB darah ialah Anemia dengan gejala yang khas seperti badan cepat lelah, lemas, kulit pucat, pusing dan lainnya.

Apa yang Menyebabkan Hemoglobin Menurun?

Penyebab tersering dari turunnya hb darah dalam jumlah rendah salah satunya karena kurang istirahat. Sehingga dengan beristirahat seperti tidur saja sudah bisa diatasi. Selain itu, kekurangan vitamin dan mineral terutama zat besi juga memicu penurunan HB darah yang sering menyebabkan anemia defisiensi besi.

Berbeda jika penurunan HB darah terjadi secara signifikan bahkan dari hari ke hari semakin menurun, tentunya ada penyebab lebih besar seperti penyakit tertentu.

Penurunan Hemoglobin yang jumlahnya besar dalam jangka panjang tentu akan beresiko terhadap kesehatan. Salah satu yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya yaitu dengan memperbaiki nutrisi melalui makanan yang dapat meningkatkan jumlah Hemoglobin.

Pilihan Makanan Peningkat Hemoglobin Darah

  • Buah Apel. Image result for apel

    Faktanya apel bermanfaat untuk kesehatan secara umum, termasuk juga menambah hemoglobin.Apel mengandung zat besi tinggi yang berguna dalam proses pembentukan sel darah merah. Apel juga mengandung vitamin C yang akan memaksimalkan penyerapan zat besi oleh tubuh.

  • Sayur Bayam. Image result for bayam

    Selain baik untuk mata bayam segar juga memiliki kandungan zat besi cukup tinggi. Setengah mangkuk bayam per hari dapat memenuhi 20% kebutuhan zat besi tubuh yang mana bagus untuk meningkatkan HB darah.Bayam juga mengandung vitanin dan mineral lain yang tidak kalah penting seperti Vitamins A, B9, E dan C, fiber, Kalsium and beta karoten. Namun yang perlu diingat bayam mentah mengandung asam oksalat yang dapat mengurangi penyerapan zat besi, sehingga perlu dimasak terlebih dahulu untuk mengurangi kandungannya.

  • Buah Tomat. Image result for tomat

    Hanya memperbanyak asupan zat besi saja tidak akan berguna jika tubuh tidak menyerapnya secara maksimal. Untuk itulah diperlukan makanan yang dapat membantu penyerapan zat besi seperti tomat dan buah serta sayur lain dengan kandungan Vitamin C tinggi.

  • Buah Delima. Image result for delima

    Delima bisa disebut buah super karena memiliki terlalu banyak komponen penting didalamnya. Buah ini mengandung protein, karbohidrat, serat dan gula.Yang paling penting untuk anemia adalah zat besi dan kalsium. Dilengkapi juga dengan kandungan mineral lain seperti potassium dan tembaga yang berguna untuk meningkatkan jumalah hemoglobin dan memperlancar peredaran darah.

  • Buah Kurma.

    Buah kurma selain lezat ternyata juga merupakan sumber zat besi terbaik. Setiap 100 gram kurma menyediakan 0,90 mg zat besi.Jadi, kurma bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan anemia dan juga meningkatkan HB dalam darah. Kandungan lain dalam kurma seperti kalsium, mangan tembaga, dan magnesium. Tembaga sama pentingnya seperti zat besi untuk pembentukan sel darah merah.

  • Makanan Laut.

    Sudah bukan rahasia bahwa makanan laut seperti ikan tuna, salmon, kerang dan sebaginya merupakan sumber zat besi bahari yang bisa anda coba untuk membantu menambah hb darah.

  • Telur.

    Telur merupakan sumber protein dan antioksidan dan juga nutrisi tubuh lainnya. Meski telur bukan sumber zat besi utama, tapi telur dapat menyediakan nutrisi tambahan saat anemia.Sebutir telur menyediakan hanya 1 mg zat besi saja, itu sedah cukup untuk memenuhi kebutuhan 7% nutrisi pada Wanita dan 11% pada pria.

  • Daging. Related image

    Daging adalah sumber makanan paling kaya hemoglobin. Daging juga mengandung vitamin B – 12, yang juga berguna untuk membantu  menjaga tingkat zat besi yang normal dalam tubuh. Daging merah adalah sumber hemoglobin terbaik.

  • Kacang-kacangan.

    Kacang-kacangan seperti buncis, kacang kering, pinto atau kacang putih mengandung jumlah zat besi yang baik. Labu dan biji labu juga dapat membantu untuk meningkatkan tingkat hemoglobin dalam darah .

  • Produk Susu. Image result for produk susu

    Produk susu seperti susu , buttermilk , keju dan dadih merupakan sumber zat besi yang baik dan membantu dalam meningkatkan kadar hemoglobin .

Pada akhirnya, mempertahankan tingkat hemoglobin dalam darah adalah sangat penting untuk kesehatan Anda, dan defisiensi atau kekurangan hb dapat memiliki efek yang tidak diinginkan. Dan makanan-makanan di atas bisa menjadi pilihan menu makanan Anda untuk meningkatkan hemoglobin darah. Semoga bermanfaat untuk Anda yang membaca. Terimakasih.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo