Tips Makanan Sehat Untuk Lansia

 Related image

Seiring bertambahnya usia, tubuh manusia akan berubah dan mengalami banyak penurunan fungsi. Dalam contoh yang mudah, orang lansia kadang telah kehilangan banyak gigi, sihingga tidak lagi mampu memakan makanan-makanan keras sebagaimana saat masih muda dulu. Begitu pula dengan organ tubuh lain, semisal organ pencernaan.

Karenanya, orang lanjut usia membutuhkan makanan yang berbeda dengan orang muda. Selain kemampuan organ pencernaan yang mulai berubah, kebutuhan nutrisi pun berubah, karena sejumlah potensi penyakit dengan mudah datang di masa tua.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menu makanan bagi lansia, agar kesehatan bisa lebih terjaga. Jika Anda termasuk lansia, atau kebetulan merawat orang tua yang kini lansia, tips berikut ini bisa diingat.

  • Buatlah makanan dengan bumbu yang tidak merangsang, seperti pedas dan asam, karena dapat mengganggu kesehatan lambung dan alat pencernaan.
  • Kurangi pemakaian garam, yaitu tidak lebih dari 4gr perhari, untuk mengurangi resiko tekanan darah tinggi.
  • Kurangi santan, daging berlemak, dan minyak, agar kolesterol darah tidak tinggi. Sebaliknya, perbanyaklah makanan yang berkalsium tinggi, seperti susu dan ikan. Orang lanjut usia, khususnya ibu-ibu yang menopause, sangat perlu mengkonsumsi kalsium untuk mengurangi resiko keropos tulang.
  • Perbanyak makanan berserat, seperti sayuran mentah, agar pencernaan lancar dan tidak sembelit.
  • Kurangi konsumsi gula dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, agar gula darah normal, khususnya bagi penderita kencing manis agar tidak terjadi komplikasi lain.
  • Gunakan sedikit minyak untuk menumis, dan kurangi makanan yang digoreng. Sebaliknya, perbanyak makanan yang diolah dengan dipanggang atau direbus, karena lebih mudah dicerna.
  • Buatlah makanan yang lunak dan mudah dikunyah, sehingga kesehatan gigi lebih terjaga.

Bagi orang yang sudah mempunyai umur lanjut usia, menjaga makanan yang dimakan itu harus. Orang lansia membutuhkan nutrisi yang berbeda dengan orang muda, maka dari itu makanan sehat sangat dibutuhkan. Komplikasi penyakit juga rentan terhadap tubuh yang juga menjadi alasan kenapa di umur yang sudah tidak muda lagi perlu asupan nutrisi yang baik juga.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo