Makanan-Makanan Untuk Mengatasi Anemia

Image result for mengatasi anemia

Anemia atau kekurangan darah terjadi akibat ketidakmampuan tubuh dalam menghasilkan sel darah merah. Beberapa penyebab terjadinya anemia diantaranya adalah diet ketat atau kondisi tubuh yang tidak fit.

Akibat yang sering ditimbulkan anemia adalah pusing, lesu, serta merasa depresi. Meski mungkin sekilas terkesan sebagai masalah ringan, namun sebaiknya jangan sepelekan anemia, karena darah rendah bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Berikut ini makanan-makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi anemia.

Saus Kedelai

Mayo Clinic merekomendasikan untuk menambahkan kadar sodium pada makanan seperti saus kedelai, untuk mengatasi anemia. Saus kedelai mengandung sodium yang mampu menaikanan tekanan darah secara alami. Anda juga bisa menggunakan kacang kedelai yang difermentasi. Saus kedelai mengandung 1.200mg sodium per sendok makan.

Kacang-Kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan bisa membantu meningkatkan tekanan darah. Kacang-kacangan dapat diceerna secara perlahan oleh sistem pencernaan kita. Hal itu akan membuat tekanan darah naik. Kacang-kacangan yang dapat Anda konsumsi di antaranya buncis, kacang merah, kacang polong, dan kacang hijau.

Daging Ayam

Daging ayam bisa membantu meningkatkan tekanan darah, karena mengandung protein hewani yang mendukung hal tersebut. Tubuh Anda membutuhkan protein untuk membangun sel, termasuk sel dalam pembuluh darah. (pembuluh darah yang lemah akan memengaruhi aliran dan tekanan darah ke seluruh tubuh). Kandungan dalam daging ayam akan membantu proses itu.

Bit

Bit adalah makanan yang kaya zat besi dan protein yang dibutuhkan untuk meningkatkan sel-sel darah dan meningkatkan aliran darah. Kandungan dalam bit merupakan pembersih racun alami di dalam darah. Tidak hanya buahnya, daun bit juga merupakan sumber vitamin A, sedangkan akar bit adalah sumber yang sangat baik untuk vitamin C.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam,seledri, brokoli, kubis, lobak, kembang kol, kangkung, selada, dan kentang manis, sangat baik untuk tubuh. Selain dapat mengontrolberat badan dan meningkatkan jumlah darah, sayuran berdaun hijau juga membantu menjaga sistem pencernaan selalu aktif.

Zat Besi

Zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat besi tidak hanya menguatkan tulang, namun juga memasok oksigen dalam sistemnya. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Untuk memasok zat besi ke dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi daging merah, asparagus, kurma, almond, tiram, kentang, dan kismis.

Almond

Almond adalah kacang yang kaya zat besi, yang dpat meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Mengonsumsi satu ons almond per hari dapat memberikan 6% kebutuhan zat besi Anda setiap hari.

Buah-Buahan

Selain sayuran hijau, penderita anemia juga sangat disarankan mengonsumsi buah-buahan. Makanan tersebut tidak hanya segar dan bergizi,namun juga efektif dalam meningkatkan jumlah darah dalam tubuh. Buah-buahan yang bisa dipilih di antaranya aprikot, semangka, apel, anggur, kismis, dan plum.

Makanan-makanan di atas bisa membantu mengatasi anemia. Bagi Anda yang mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan yang disebutkan di atas. Selamat mencoba di rumah.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo