Makanan yang baik untuk penderita maag

Makanan yang Baik Untuk Penderita Maag

Penyakit maag kronis bisa menyerang siapa saja tanpa melihat usia, pekerjaan, atau jenis kelamin. Penderita maag kronis biasanya mengalami rasa sakit yang berkepanjangan.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya nyeri perut di sekitar ulu hati dan sensasi seperti terbakar di lambung sampai ulu hati atau didada. Perut akan terasa tidak enak, mual, begah,dan ingin muntah. Terkadang tidak ada yang dimuntahkan karena perut dalam kondisi kosong atau memuntahkan cairan berwarna kuning atau putih berbusa yang terasa sangat asam dan pahit.  

Pada beberapa kasus, sakit maag kronis menyebabkan diare. Tinja akan berwarna hitam dan berdarah. Hal ini disebabkan oleh dinding lambung yang terluka karena asam berlebih. Akibatnya mulut akan terasa pahit dan tidak berselera makan.

Penyakit maag kronis bisa disebabkan oleh pola makan yang buruk, stres berkepanjangan, makanan yang bersifat pedas atau asam, keracunan, atau karena faktor usia. Makanan yang banyak disarankan untuk penderita sakit maag kronis adalah:

  1. Kentang rebus

Kentang rebus bersifat alkali. Makan kentang rebus di pagi hari sebelum makan makanan apapun dapat menetralisir asam lambung dan mengurangi sakit maag. Selain itu, kentang adalah sumber karbohidrat yang memberikan rasa kenyang.

  1. Brokoli

Kandungan kalium,sulfur, serta vitamin C dalam brokoli sangat cocok bagi penderita maag kronis. Sulfur merupakan prekusor glutation yang berperan sebagai antioksidan pelindung terhadap mucosa lambung. Vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

  1. Kol

Kol mengandung asam amino glutamine yang berperan meningkatkan aliran darah ke perut, member nutrisi untuk sel dalam lambung, melindungi lapisan perut, serta mengobati luka pada saluran cerna.

  1. Lidah Buaya

Kandungan senyawa antrakuonin dan kuonin pada tanaman ini memiliki khasiat sebagai antibiotik, penghilang rasa sakit, serta merangsang tumbuhnya sel kulit baru. Saponin dsalam lidah buaya merupakan antiseptic yang bermanfaat untuk meredakan panas dan penyembuh luka. Lidah buaya juga mengandung mukopolisakarida yang berguna untuk mengatasi radang akibat sakit maag.

  1. Bubur

Makanan lunak seperti bubur berguna untuk meringankan rasa sakit maag. Bubur memiliki tekstur yang sangat lunak sehingga sangat mudah dicerna sehingga tidak memberatkan sistem pencernaan ketika bekerja.

  1. Buah-buahan

Buah –buahan seperti pisang, melon, papaya dan tomat, sangat baik untuk mengurangi panumpukan asam lambung karena mengandung kalium yang dapat menyeimbangkan derajat keasaman dalam lambung.

  1. Kunyit

Kunyit bisa dijadikan obat tradisional untuk mengatasi sakit maag. Kunyit bisa dicampurkan ke dalam masakan atau dibuat jamu. Selain kunyit, temulawak juga efektif mengusir gas asam dalam lambung.

Itulah beberapa makanan sehat untuk penyakit maag kronis. Selain itu, anda perlu menerapkan pola hidup sehat seperti tidak begadang, mengatur menu makan sehari-hari, pola makan yang teratur, dan menghindari stres. Karena stres dapat menunda waktu penyembuhan penyakit maag anda.

baca Selengkapnya