Makanan-Makanan Yang Mengandung Kadar Gula Tinggi

Related image

Dulu kita hanya diberitahu bahwa lemak bisa berbahaya bagi kesehatan. Namun sekarang daftarnya telah bertambah. Tidak hanya lemak, namun juga gula. Berbagai penelitian telah menyatakan bahwa makanan yang mengandung kadar gula tinggi dapat meningkatkan faktor resiko terkena penyakit, mulai dari obesitas, diabetes, hingga kanker.

Yang menjadi masalah, makanan-makanan dengan kadar gula tinggi semacam itu tersedia banyak di sekitar kita, dalam aneka bentuk, dan lidah kita pun sepertinya sudah sangat terbiasa dengan rasa manis. Untuk itu, kita perlu lebih berhati-hati dalam mengonsumsi suatu makanan tertentu yang mengandung kadar gula tinggi, khususnya makanan-makanan dengan kadar gula tinggi yang ada disekeliling kita. Berikut ini di antaranya.

Gula Pasir, Pemanis Cair, Atau Pemanis Lain

Siapa pun tahu, gula pasir adalah sumber yang biasa dijadikan sarana untuk mempermanis makanan atau minuman. Namun, makanan dengan kadar gula tinggi tidak hanya gula pasir, karena saat ini ada banyak pemanis alternatif yang juga tersedia di sekeliling kita.

Brown sugar, misalnya, memiliki kandungan 97% gula. Sementara madu mengandung gula sebanyak 82%, sedang sirup mengandung gula sebanyak 75%. jika harus memilih pemanis alami, sebaiknya pilihan gula tebu yang hanya mengandung 55% kadar gula.

Minuman Sachet dan Minuman Soda

Saat ini, minuman tidak hanya tersedia dalam bentuk cair yang telah dikemas dalam botol. Namun juga berbentuk sachet yang bisa dicampir dengan air untuk kemudian dinikmati. Minuman sachet umumnya mengandung gula berkadar tinggi, yang bahkan bisa mencapai 94%.

Sebelum mengonsumsi minuman sachet, sebaiknya periksalah label pada kemasannya, untuk mengetahui besaran kadar gula yang dikandungnya, dan pilihlah yang mengandung kadar gula paling rendah. Minuman bersoda umumnya mengandung 11% gula. Namun, yang menjadi masalah, minuman bersoda mengandung sekitar 38gr gula dalam setiap 12 oz. Bagaimana pun, soal porsi adalah sesuatu yang menentukan.

Permen

Tampaknya sepele, dan benda ini nyaris bisa ditemukan di semua tempat penjualan. Namun permen adalah salah satu makanan yang mengandung kadar gula tinggi, yang kadar gulanya bisa mencapai 83%. permen buah bisa memiliki kadar gula sampai 81%, sementara permen karet dan permen keras memiliki kadar gula sekitar 63%.

Kue, Biskuit, dan Pie

Banyak sekali orang yang menyukai kue, biskuit, atau pie, karena rasanya yang enak sekaligus manis. Tak jarang, kue-kue itu ditaburi gula hingga menambah kelezatnya. Namun gula tidak hanya menjadi hiasan pada kue-kue tersebut, tapi juga sering menjadi bahan baku dalam pembuatannya. Karenanya, meski enak, kue-kue semacam itu mengandung kadar gula tinggi, umumnya sebesar 63%.

Selain kue-kue yang disebut atas, makaroni juga mengandung 71 persen gula, yang menjadikannya salah satu makanan dengan kadar gula tertinggi.

Es Krim dan Milk Shakes

Anak-anak kecil sampai orang dewasa menyukai es krim. Sayangnya, rata-rata es krim bisa mengandung gula hingga 26%, atau secara rata-rata terdapat 14gr gula dalam setiap setengah scoop. Sedangkan milkshakes mengandung 84gr gula dalam setiap 16 oz milkshakes.

Salam Sehat
 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 
Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo