Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Selama Haid

Related image

Haid atau menstruasi adalah siklus bulanan yang dialami setiap wanita di masa subur. Ketika haid sedang berlangsung ada beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh, yang diantaranya luruhnya sel telur karena tidak dibuahi. Menstruasi membawa sejumlah gejala yang kadang tidak menyenangkan, seperti kram, suasana hati yang suram, kembung, dan sebagainya.

Gejala-gejala itu kadang pula dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Karenanya, untuk melewati masa-masa haid dengan lebih baik dan tanpa masalah, sebaiknya perhatikan makanan-makanan yang kita konsumsi selama haid berlangsung, agar lancar tanpa gangguan. Berikut ini makanan-makanan yang sebaiknya dihindari selama haid atau menstruasi.

Kafein

Kafein adalah stimulan yang dapat memperburuk suasana hati, nyeri haid, juga dapat mengganggu tidur. Minuman dan makanan yang kaya kafein mencakup kopi, teh, minuman energi, dan cokelat.

Kafein perlu dihindari selama haid, karena dapat menyempitkan pembuluh darah, dan membuat tubuh terdehidrasi. Ketika mengkonsumsi kafein, tubuh akan terasa tidak nyaman, kadang menimbulkan sakit kepala, serta meningkatkan kecemasan. Selama haid, sebaiknya jauhi minuman berkafein seperti soda, kopi, atau minuman cokelat.

Gula

Makanan manis seperti permen atau soda mengandung kadar gula yang tinggi. Mengkonsumsi makanan semacam itu bisa membuat kadar gula dalam darah meningkat drastis, dan membuat Anda jadi mudah kesal serta cepat lesu. Selain itu, makanan manis yang mengansung banyak gula juga dapat memperburuk kram. Jika Anda ingin mengunyah sesuatu yang manis, cobalah buah-buahan seperti melon atau mangga.

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau junk food juga perlu dihindari, karena mengandung banyak lemak trans. Lemak trans dapat meningkatkan hormon estrogen yang bisa memunculkan rasa sakit tiba-tiba pada rahim. Akibatnya, perut akan terasa kram dan sakit.

Makanan Olahan

Makanan olahan atau makanan kaleng mengandung sodium sangat tinggi di dalamnya. Kandungan sodium berlebih dapat mempengaruhi penyimpanan air dalam tubuh, dan membuat tubuh membengkak. Karenanya, sebaiknya hindari makanan olahan seperti kornet, apalagi jika mengandung lebih dari 200mg sodium.

Olahan Biji-Bijian

Ketika biji-bijian diproses selama pengolahan, nutrisi yang terkandung di dalamnya akan banyak terbuang, sehingga yang tersisa hanya kandungan gula yang tinggi. Mengkonsumsi olahan biji-bijian bisa mempengaruhi nafsu makan, dan memperburuk gejala saat menstruasi. Selain itu, jika Anda juga mengalami kram perut selama menstruasi, sebaiknya hindari makanan seperti pasta, nasi putih, dan roti.

Lemak Daging

Lemak jenuh yang terkandung dalam daging dapat mempengaruhi dan memperburuk rasa sakit, serta menimbulkan peradangan selama menstruasi. Jika Anda tidak dapat menghindari makan daging sepenuhnya, pastikan Anda hanya mengkonsumsi daging tanpa lemak dan bukan jenis lemak.

Makanan Ringan dan Keripik

Makanan ringan dan keripik mungkin tampak seperti makanan enak untuk dijadikan camilan. Namun, sebaiknya hindari selama hari-hari menstruasi. Makanan ringan semacam itu mengandung sodium, yang dapat menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan lainnya. Sebaliknya, pilihlah camilan sehat seperti kacang bebas garam, biji-bijian, atau buah-buahan.

Alkohol

Selama menstruasi, sebaiknya hindari alkohol sama sekali, karena dapat menyebabkan darah menipis, sehingga meningkatkan aliran darah. Alkohol juga meningkatkan gejala PMS lain, seperti kram dan nyeri haid.

Demikian beberapa manakan yang dihindari seorang wanita pada saat menstruasi. Untuk melewati masa-masa haid dengan lebih baik dan tanpa masalah, sebaiknya perhatikan makanan-makanan yang kita konsumsi selama haid berlangsung, agar lancar tanpa gangguan.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo