Mandi

Mandi di Pagi Buta Ternyata Banyak Manfaatnya

Banyak orang yang megeluh ketika harus bangun di pagi buta. Alasan yang paling sering kita dengar adalah udara di pagi buta masih sangat dingin. Apalagi menyentuh airnya atau mandi. Mereka akan menarik kembali selimut dan bagun ketika matahari sudah terbit. Namun tahukah anda bahwa mandi di pagi buta sangat baik bagi kesehatan?

Pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk memulai segala aktivitas. Terlebih mandi yang dilakukan di pagi hari membuat tubuh akan terasa segar dan menambah semangat untuk memulai hari. pada pagi hari terutama menjelang waktu shubuh atau sekitar pukul empat, kandungan ozon terutama gas O3 sangat melimpah. Gas tersebut akan berkurang sedikit demi sedikit hingga habis saat matahari terbenam.  Gas O3 memberikan manfaat positif pada urat syaraf, meningkatkan kinerja otak, serta menjaga kesehatan tulang.

Udara pagi hari masih sangat sejuk dan belum bercampur dengan polusi.menghirup udara saat fajar akan memberikan kesegaran dan kenikmatan tersendiri. Apalagi ditambah mandi pada pagi buta. Tubuh akan terasa sangat segar.

Manfaat Mandi Saat Fajar

  1. Melancarkan peredaran darah

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan lembaga riset trombosit di Inggris, orang yang biasa mandi menggunakan air dingin (air biasa) di pagi hari, peredaran darahnya menjadi lancar. Mandi pagi hari sangat baik untuk kelancaran sirkulasi darah, mengendurkan ketegangan pada otot dan sendi, mempercepat penyembuhan, meredakan rasa sakit, dan mengurangi peradangan.

  1. Meningkatkan Sel Darah Putih

Menurut hasil studi di Inggris, mandi di pagi hari dapat meningkatkan sel darah putih. Sel darah putih berperan melawan virus dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh akan menjadi lebih segar, sehat, dan tidak mudah terserang penyakit.

  1. Menghindari Rematik

Berbeda dengan mandi pada malam hari yang bisa memicu rematik, mandi di pagi buta justru mencegah penyakit rematik. Hal ini karena kandungan karbondioksida tinggi di dalam air mampu melawan rematik.

  1. Mengurangi Stres dan Depresi

Kandungan oksigen yang melimpah membuat tubuh lebih tenang dan rileks sehingga menurunkan tingkat stress. Suhu air yang sejuk dapat membuat otak lebih segar dan tingkat depresi pun turun. Tubuh yang segar,tenang, dan penuh semangat akan member dampak positif untuk kesehatan mental dan lebih siap menjalani hari.

Selain itu, asupan oksigen yang melimpah membuat denyut jantung meningkat. Aliran darah pun menjadi lancar.

  1. Memperbaiki Kesehatan Jaringan Tubuh

Kebiasaan mandi pagi mampu memperbaiki jaringan kulit, kulit menjadi tidak kering, lebih kenyal, lebih lembut, dan mengurangi noda dan lingkaran hitam pada bawah mata. Kuku juga menjadi sehat dan tidak mudah retak. Sedangkan mandi air hangat berisiko membuat kulit mudah keriput, kurang kenyal, serta kering.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Mandi air dingin mampu mengurangi munculnya jerawat. Terlalu sering mandi air panas malah menimbulkan berbagai masalah kulit. Mandi air dingin mengencangkan kutikula dan pori-pori kulit serta mencegah penyumbatan. Anda juga memperoleh keindahan rambut dengan mandi pagi karena air dingin menurunkan risiko kotoran dapat menumpuk di kulit kepala.

  1. Meningkatkan Kesuburan

Mandi pagi hari memiliki manfaat penting bagi kesuburan pria dan wanita. Sebuah penlitian terbaru yang dilakukan di University of California menemukan fakta bahwa produksi sperma pada laki-laki meningkat secara signifikan setelah mandi air dingin di pagi hari selama satu minggu. Sedangkan andi air panas memiliki efek sebaliknya.

  1. Menekan Risiko Tekanan Darah Tinggi

Lancarnya sirkulasi darah ke organ –organ tubuh karena mandi pagi menghindarkan kita dari risiko darah tinggi, pembuluh darah mengeras, dan varieses.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Suhu air yang dingin meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga badan sehat dan terhindar dari macam-macam penyakit.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mandi air dingin dapat memicu sel darah putih untuk berproduksi lebih banyak. Dengan produksi sel darah putih melimpah, ketahanan tubuh terhadap penyakit semakin kuat karena fungsi sel darah putih yang dapat melawan penyakit yang masuk ke tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru akan membuka dan mengembang lebih baik saat kita mandi di pagi hari menggunakan air dingin. Sehingga dapt berfungsi lebih baik dan menjadi lebih sehat.

 

baca Selengkapnya