Manfaat Kapulaga yang Belum Banyak Diketahui!

Manfaat Kapulaga yang Belum Banyak Diketahui!

     Tanaman kapulaga dapat tumbuh hingga 2 m dan tumbuh membentuk rumpun seperti tumbuhan jahe.Buah kapulaga bentuknya bulat seperti telur dan memiliki bulu halus disekelilingnya. Buah yang masih muda berwarna hijau tua, kemudian secara bertahap berubah warnanya menjadi kuning kelabu seraya mulai matang. Bila sudah matang, kulit buah kapulaga akan terbelah sesuai dengan ruang-ruangnya sehingga memperlihatkan biji kapulaga yang berbentuk bulat lonjong.

Berikut beberapa manfaat tanaman kapulaga bagi kesehatan:

  1. Pencernaan

Kandungan minyak astiri yang ada pada kapulaga terbukti mampu meredakan sakit perut dan meringankan berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, desentri, mulas, dan dapat pula digunakan untuk menambah nafsu makan. Anda dapat memakan langsung biji kapulaga atau mencampurkannya dalam masakan dan dijadikan teh.

  1. Detoksifikasi racun

Air rebusan kapulaga yang diminum dapat membantu tubuh menetralisir dan membuang limbah racun melalui ginjal.

  1. Bau mulut

Kebiasaan masyarakat India mengunyah kapulaga untuk menghilangkan bau mulut setelah makan. Bahkan kapulaga telah diolah menjadi permen karet untk menyegarkan nafas dan menghilangkan bau mulut (halitosis) yang paling tidak enak.

  1. Masuk angin

Seperti halnya jahe, kapulaga juga memberi rasa hangat pada tubuh dan sangat cocok digunakan untuk meredakan masuk angin serta rasa tidak enak badan.

  1. Diuretik

Kapulaga dijadikan penetralisir racun yang paling efektif berkat kemampuan diuretiknya. Kapulaga mampu membersihkan saluran pencernaan kandung kemih dan ginjal dengan membuang garam yang kelebihan air racun dan menghilangkan infeksi.

  1. Depresi

Aromaterapi yang ada pada minyak kapulaga dapat membantu meringankan pikiran dan menghilangkan depresi atau mengurangi stress. Teh kapulaga dapat pula digunakan untuk manfat serupa.

  1. Kanker

Kapulaga mengandung IC3 (indole-3-carbinol) dan diindolylmethana yang dikenal luas sebagai penawar kanker, khususnya kanker yang berkaitan dengan hormone seperti kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker prostat.

baca Selengkapnya