Manfaat Susu Untuk Kesehatan

Manfaat Susu Untuk Kesehatan

Istilah susu sudah tidak asing didengar di telinga kita lagi. Susu dapat dikonsumsi oleh semua jenis usia. Mulai dari anak-anak, bayi yang baru lahir, remaja, orang tua, atau dewasa. Sekarang sudah banyak dijual susu kemasan sesuai untuk tiap tahap usia seseorang. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari susu. Kali ini akan kami bahas beberapa manfaat susu bagi kesehatan.

  • Kecantikan kulit

Susu mengandung asam laktat yang berfungsi sebagai exfoliant  yaitu enzim yang membantu menghaluskan kulit. Asam amino dalam susu membantu melembabkan kulit. Susu juga membantu mencegah kerusakan kulit dari racun lingkungan dengan antioksidan. Akan tetapi, jika anda alergi terhadap susu dan produk olahannya, sebaiknya jangan gunakan ini untuk perawatan tubuh. Agar tidak memperburuk keadaan kulit anda.

  • Kesehatan Tulang dan Gigi

Susu merupakan sumber kasium yang penting untuk kesehatan tulang. Kalsium dibutuhkan anak-anak yang dalam masa pertumbuhan dan orang dewasa untuk mencegah osteoporosis. Kalsium pada susu juga baik untuk gigi agar tetap kuat dan tidak berlubang. Pilihlah susu yang mengandung ekstra vitamin D agar kalsium bisa diserap oleh tubuh dengan baik.

  • Memulihkan Otot

Protein dalam susu bagus untuk membangun kembali otot. Minum segelas susu setelah berolahraga membantu memulihkan otot setelah beraktivitas, mencegah rasa sakit pada perut, dan menambah cairan yang hilang setelah berolahraga.

  • Menjaga Berat Badan

Wanita yang minum susu rendah lemak dapat menurunkan berat badan lebih banyak disbanding yang tidak minum.  Tambahkan segelas susu sebelum makan malam atau minum segelas susu sambil makan sepotong buah sebagai pilihan diet sehat anda.

  • Mengurangi Stres

Segelas susu hangat akan mengendurkan otot yang tegang dan menenangkan saraf. Susu juga dapat mengurangi gejala PMS (pra menstruasi) dan meningkatkan energi. Minumlah segelas susu saat bersantai untuk mengurangi letih anda.

  • Menyehatkan Tubuh

Susu memiliki sifat menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko stroke. Susu mengurangi produksi kolestrol, dan bisa bertindak sebagai antasida. Vitamin A dan B dalam susu akan menbantu untuk membangun penglihatan yang baik dan menurunkan risiko terhadap jenis kanker tertentu. Jika anda khawatir dengan hormone pertumbuhan yang digunakan dalam susu, gunakan susu organic.

baca Selengkapnya